Loading

Berbisnis dari Pekarangan Rumah


Penulis: Syah Ma'mur/Editor: Dadan Supardan
12 Hari lalu, Dibaca : 1229 kali


Lely Kamalia, S.PSi & Ujang Supriatna, S.Pd.

BANDUNG, medikomonline.com – Di tengah situasi Pandemic covid-19 tidak sedikit masyarakat Indonesia mengalami kesulitan ekonomi. Namun karena manusia adalah makhluk yang sangat ditinggikan derajatnya oleh Tuhan dan diberikan akal budi yang cerdas, maka situasi pandemi menjadi tantangan agar meningkatkan kreativitas.  

Seperti yang dilakukan Lely Kamalia S.PSi, Mahasiswi S2 di Unisba Bandung dan Ujang Supriatna S.Pd, Guru PNS SDN 232 Blok Sawah Cigondewah Kidul Kecamatan Bandung Kulon. Keduanya memulai sukses berbisnis dari pekarangan rumah. Produk yang dijual adalah daun sirih hijau segar langsung petik.

Sewaktu Medikom bertandang ke Rumah Ujang Supriatna di Cigondewah Kaler, ia menyampaikan daun sirih hijau yang ditanam awalnya untuk dikonsumsi sendiri oleh keluarga di rumah. Seiring berjalannya waktu dengan kondisi darurat Pandemic, Ujang dan adik iparnya, Lely Kamalia mencoba mempromosikan daun sirih hijau di digital market Shopee dan mendapat respons dari pelanggan di seputaran Bandung.

Kini, jelas Lely Kamalia, bertahap pelanggan mulai bertambah di antaranya dari kota Depok dan kota Jambi.

“Pemesanan yang sanggup diterima dari puluhan pcs sampai ratusan pcs,” ujar Lely.

Dikatakan daun sirih hijau segar langsung petik dari bisnis keluarga Ujang Supriatna dan Lely Kamalia memiliki khasiat yang khas. Yaitu rebusan daun sirih efektif dalam penyembuhan luka. Rebusan daun sirih hijau mengandung alkaloid dan tanin yang memiliki sifat antiseptik terhadap jamur dan bakteri.

Rebusan daun sirih efektif dalam menghambat pertumbuhan infeksi jamur (Candida Albicans) yang biasa terjadi di kulit, mulut dan organ intim wanita. Service yang diberikan oleh bisnis keluarga ini, daun sirih hijaunnya langsung dipetik dari pohon yang ditanam secara alami di pekarangan rumah dengan ukuran daun yang besar.

Sebelum dipacking dicuci terlebih dahulu satu per satu agar lebih higienis. Diclosing Statmen  Ujang Supriatna dan Lely Kamalia menyampaikan, “Memulailah satu usaha dari sekarang semampu kita.”

Sebagai anak muda zaman now, memulai bisnis yang baik walaupun bisnis dari pekarangan rumah sendiri seperti bisnis daun sirih hijau langsung petik yang bisa mendatangankan keuntungan yang lumayan.

Tag : No Tag

Berita Terkait