Loading

Jawa Barat Ekspor 23 Ton Kelapa Parut Kering ke Kosta Rika


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 626 kali


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas ekspor 23 ton produk kelapa parut kering ke negara Kosta Rika. (foto: Humas Jabar)

BANDUNG, Medikomonline.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas ekspor 23 ton produk kelapa parut kering ke negara Kosta Rika. Ekspor kelapa ini dilakukan CV Una Surya Putra Mandiri.

Dikatakan Ridwan Kamil, kelapa parut kering menjadi salah satu produk yang diminati oleh banyak negara di dunia. Ekspor kali ini menjadi sebuah simbol hubungan antara Jawa Barat dan dunia.

"Saya apresiasi CV Una Surya Putra Mandiri karena ini adalah contoh barang, produk yang seluruh dunia butuhkan," kata Ridwan Kamil, dalam acara JAPRI (Jabar Punya Informasi) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (16/06/2021). 

Menurut Ridwan Kamil, CV Una Surya Putra Mandiri saat ini perlu memperluas pasarnya, kemudian packaging-nya, kebutuhannya, skala industrinya, karena kadang-kadang kalau skala UKM  banyak manual, jadi harus dibantu mekanisasinya.

Gubernur berharap ke depan akan lebih banyak lagi produk Jawa Barat yang diekspor ke luar negeri dan langkah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong ekspor bisa difasilitasi oleh para Duta Besar (Dubes).

Misalnya, dengan rajin memberikan informasi mengenai produk apa yang dibutuhkan oleh negara tersebut. "Tentunya ini menjadi pintu pembuka yang akan kami perluas ke seluruh dunia, khususnya Benua Amerika," ucapnya.

"Kalau saya keliling luar negeri, peran utama Duta Besar di era saat ini harus punya jiwa sales, jiwa marketing yang melebihi lain-lain. Kalau Dubes fokus seremonial pada politik, keterasaan kepada kami di daerah, khususnya ekonomi, kurang terasa. Tapi kalau rajin WhatsApp, kasih tahu gubernur, seperti kami butuh ini. Saya kira itu sangat kami apresiasi," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat M. Arifin Soedjayana mengatakan, kegiatan ekspor ini diharapkan bisa menjadi pintu pembuka untuk ekspor produk kelapa parut kering ke beberapa negara.

Sebelumnya, CV Una Surya Putra Mandiri juga sudah mengekspor produk kelapa parut kering ke beberapa negara, seperti Tiongkok, Irak, Arab Saudi dan Ukraina.

"Sebelumnya mereka sudah melakukan ekspor ke Irak, Jepang, Kuwait, Arab Saudi dan Ukraina. Mudah-mudahan ini adalah awal untuk melakukan ekspor khususnya kelapa parut kering," kata Arifin.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait