Loading

BAIN HAM RI: Banyak Permasalahan Hak Azasi Manusia di Sekitar Kita Tidak Terselesaikan


Penulis: Rinaldi CH Lubis/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1558 kali


Ketua BAIN HAM RI Kabupaten Karo Tekwasi Sinuhaji saat memaparkan materi tentang BAIN HAM RI di acara ramah tamah.

KARO, Medikomonline.com Badan Advokasi Investigasi Hak Azasi Manusia (BAIN HAM) RI menggelar acara ramah tamah  di Permata Ivana hotel, Berastagi, Kabupaten Karo, Sabtu (23/1 2021) pukul 13:00 WIB.

Acara di konsep untuk perkenalan calon pengurus dengan KSB untuk pembentukan DPD  BAIN HAM RI Kabupaten Karo serta pemaparan program kerja  yang menjadi momen penuh makna bagi para calon pengurus.

Pengkajian tentang permaslahan HAM yang tak kunjung selesai menjadi pembicaraan hangat di sela-sela  ramah tamah itu. Calon Ketua DPD BAIN HAM RI Kabupaten Karo Tekwasi Sinuhaji mengatakan, ada beberapa pelanggaran berat yang ada di Taneh Karo yang sampai saat ini belum selesai, malah terkesan ditutupi oleh aparat penegak hukum.

“Tentang penangananya ini merupakan hal yang bisa memicu pemahaman masyarakat tentang HAM itu jadi  meragukan  kebenarannya,” kata Tekwasi.

Penasehat DPD  BAIN HAM RI Kabupaten Karo  Jesaya Ginting SE mengatakan, “Kalo kita bersinergi dalam penegakan HAM  Kabupaten Karo, kita akan bisa mengungkap semua persoalan pelanggaran HAM ini. Jangan biarkan masyarakat kita tertindas.”

Syafi'i Siregar sebagai penasehat DPW BAIN HAM RI Sumut mengatakan, hendaknya kepengurusan BAIN HAM RI di Kabupaten Karo jangan cuma nama, hendaknya ada rekam jejak yang menjadi acuan, sehingga penilain masayarakat tentang BAIN HAM tidak hanya numpang tenar dan hanya gagah-gagahan dan formalitas belaka.

Siregar juga menyampaikan, hendaknya pembentukan klinik hukum ini lebih cepat dilaksanakan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam permasalahan HAM.

Hadir dalam acara ramah tersebut, KSB, kepala departemen, penasehat DPW dan Penasehat DPD  BAIN HAM Kabupaten Karo.

Ke depan DPD BAIN HAM RI Kabupaten Karo akan membuat  terobosan baru tentang investigasi permaslahan HAM yang terjadi di Kabupaten Karo. Ini sudah termasuk dalam poin-poin program kerja BAIN HAM RI Kabupaten Karo.

BAIN HAM RI sendiri adalah salah satu lembaga yang baru berdiri di Kabupaten Karo. BAIN HAM RI merupakan lembaga pertama di Kabupaten Karo yang bekerja dalam penanganan HAM.

Tag : No Tag

Berita Terkait