Loading

Banjaranyar Banjir, Bupati Ciamis Langsung Bertolak ke Lokasi


Penulis: Herz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 687 kali


Bupati Ciamis bersama jajarannya langsung turun ke lokasi banjir sekitar pukul 24.00 wib selasa malam usai mendengar informasi Sindangrasa banjir.

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com - Hujan yang mengguyur sejak Selasa siang (25/10/2022) di sejumlah wilayah khususnya di Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat membuat warga yang berdekatan dengan bantaran sungai menjadi was – was dan harus berjaga – jaga jika sewaktu – waktu banjir melanda.

Ternyata benar hujan deras g sejak Selasa siang tak henti – henti hingga Rabu pagi (26/10/2022) di wilayah dekat areal Sungai Ciputrahaji, Dusun Pongporang dan Pasir Ipis, Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis sekitar pukul 21.00 wib air mulai masuk ke perkampungan secara deras mengingat karakteristik air Sungai Ciputrahaji ini arusnya deras. 


Kepala Desa Sindangrasa Egi Suprayoga Syamsu, ST langsung turun ke lokasi banjir membantu dan mengkordinasikan semuanya.

Kepala Desa Sindangrasa Egi Suprayoga Syamsu, ST melalui channel vidionya mengatakan, akibat hujan deras yang mengguyur sejak Selasa siang tadi sampai malam Rabu (26/10/2022), sekitar pukul 20.45 air mulai naik dan menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.

“Ada antara 13 hingga 14 Rukun Tetangga di wilayah kami terkena banjir khususnya di wilayah Dusun Pongporang dan Pasiripis,” kata Egi Suprayoga.

Dirinya langsung menginformasikan dan memohon bantuan berupa perahu karet dan mesin guna mengevakuasi korban banjir.  

Warga Dusun Pongporang Rabu pagi (26/10/2022) mulai membereskan dan membersihkan dalam rumah akibat kotoran banjir.

Disebutkan Egi Suprayoga S, hujan deras yang mengguyur sejak Selasa siang kemarin membuat sejumlah wilayah  Desa Sindangrasa yang berdekatan dengan Sungai Ciputrahaji airnya meluap dan banjir sekitar pukul 20.45 wib.

Kondisi atau karakter Sungai Ciputrahaji ini seperti biasa arus airnya memang deras, sehingga air yang masuk ke areal perkampungan kami cukup deras dan membuat sejumlah warga tentunya panik,” kata Egi.

Meski arus banjir yang airnya deras dari luapan air Sungai Ciputrahaji, alhamdulillah tidak menyebabkan korban jiwa. Karena memang warga sekitar dan kami semua sudah berjaga – jaga dan mewanti – wanti warga untuk siaga sewaktu – waktu bisa datang banjir,” ujar Egi Saputra kepada Medikomonline.com, Rabu pagi (26/10/2022). 

Bupati Ciamis Langsung Datang ke Lokasi

Mendengar dan mendapat informasi banjir, Bupati Ciamis Dr. H.Herdiat Sunarya, MM bersama jajarannya langsung bergegas menuju lokasi banjir sambil memantau keadaan dan mengintruksikan ke beberapa intansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk segera mendatangkan peralatan yang dibutuhkan warga berikut alat evakuasi.

Setiba di lokasi, Bupati bersama jajarannya yang tiba sekitar pukul 23.00 wib itupun langsung memintai keterangan baik kepada unsur pemerintah setempat juga kepada warga yang terkena banjir.

Herdiat mencoba menenangkan warga yang terkena banjir dan memastikan akan membantunya. Yang terpenting saat ini dilakukan dulu evakuasi warga yang terkena banjir dan alhamdulillah banjir ini tidak menimbulkan korban jiwa dan semoga saja tidak ada yang menjadi korban jiwa untuk bencana ke depannya. 

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya bersama jajarannya turun langsung ke lokasi banjir.

“Nyawa lebih utama, tentu kami selaku pemerintah sigap cepat akan kejadian banjir,” ungkap Herdiat.

Herdiat pun memastikan evakuasi berjalan lancar bersama OPD terkait langsung memantau serta mengunjungi beberapa titik rumah warga yang dijadikan tempat evakuasi warga.

Perahu karet untuk mempermudah evakuasi, 2 tangki air bersih serta 100 paket sembako disiapkan guna meminimalisir dampak lanjutan dari terjadinya banjir.

Turut mendampingi juga Sekretaris Daerah Kab. Ciamis H. Tatang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kalak BPBD, Dirut PDAM dan Kadis  Kesehatan yang ikut turut serta mengevakuasi warga. 

Tag : No Tag

Berita Terkait