Loading

Jelang Nataru Astra Tol Cipali Lakukan Pelayanan Maksimal


Piping s/Jur /Editor : Edie N Sitepu
3 Tahun lalu, Dibaca : 1025 kali


Pemeriksaan Rapid Antigen secara random kepada para pengunjung di Rest Area


 

MAJALENGKA, Medikomonline-

 

Memasuki hari pertama masa liburan Nataru 2020 yang jatuh pada hari Kamis (24/12), kendaraan yang melintas Gerbang Toll Palimanan terpantau ramai lancar. Terhitung sejak Rabu (23/12) Sebanyak 60.976 kendaraan melintas di Gerbang Toll Palimanan yang didominasi kendaraan pribadi golongan satu.

 

General Manager Operation ASTRA Tol Cipali Suyitno mengatakan, Puncak arus mudik liburan Nataru 2020 diprediksi terjadi pada tanggal 24 dan 27 Desember, dengan prediksi jumlah lalu lintas kendaraan sebesar 95.675 dan 94.636 kendaraan. Sedangkan untuk puncak balik terjadi pada periode tanggal 31 Desember dan 3 januari 2021 dengan jumlah sebesar 84.538 dan 85.098 kendaraan. “ 

 

Untuk antisipasi hal tersebut, ASTRA Toll Cipali memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Toll Palimanan dengan membuka 30 gardu toll otomatis (GTO) dan 15 mobil raider. Dan  dipastikan dalam menghadapi liburan Nataru tahun ini kondisi jalur dan marka jalan ruas toll Cikopo-Palimanan semuanya dalam kondisi baik, sehingga semua jalur dapat dilalui dengan lancar, aman dan nyaman,” kata Suyitno.

 

Selain memaksimalkan pengoperasian, menurut Suyitno, ASTRA Toll Cipali juga turut serta mendukung program Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat dalam Operasi lilin yang salah satunya melalui pemeriksaan Rapid Antigen secara random kepada para pengunjung di Rest Area KM 86, KM 102 dan KM 101 Toll Cipali arah Jakarta dan Palimanan. “Kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 24-27 Desember dan 30-31 Desember 2020,”  jelas Suyitno.

 

Masih menurut Suyitno pada masa liburan Nataru ini, ASTRA Tol Cipali telah menyiapkan manajemen lalu lintas situasional yang berkoordinasi dengan Kepolisian melalui beberapa mekanisme, diantaranya : 1) Pemasangan MWB (Median Water Barrier) dan Rubber Cone di lokasi depan Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) atau Rest Area, bertujuan untuk mencegah kendaraan pengguna jalan parkir di bahu jalan sepanjang TIP yang dapat mengakibatkan kemacetan di jalur. 2) Kapasitas kendaraan TIP hanya 50% dan diberlakukan protokol Covid. 3) Diberlakukan buka-tutup TIP apabila pengunjung sudah melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk TIP. 4) Pengguna jalan disarankan untuk istirahat di TIP berikutnya atau keluar di gerbang tol terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM dan selanjutnya masuk kembali ke Jalan Tol Cipali dengan tarif yang sama.

 

 “Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan kendaraannya dengan memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 dan maksimal 100 km/jam. Dan disaat kondisi hujan kecepatan maksimal 70 KM/Jam, juga untuk selalu mengecek dan mengisi saldo uang elektronik sebelum memasuki ruas tol agar tidak terjadi kurang saldo saat bertransaksi di gardu serta tetap berkendara dengan hati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas agar senantiasa tercipta jalan tol yang Lancar, Aman dan Nyaman”, himbaunya.

 

Para pengendara diharapkan untuk selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilaluinya agar perjalanan Anda nyaman, “Perhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalu lintas, dan bila perlu pasang aplikasi googlemaps/waze untuk mengetahui posisi. Hubungi info layanan tol Cipali 0260 7600 600 dan follow akun resmi media sosial di Instagram dan Twitter dengan mengakses @astratolcipali. Ketika merasa lelah segera untuk istirahat karena ASTRA Tol Cipali telah menyediakan 8 Tempat Istirahat & Pelayanan (Rest Area) dengan fasilitas yang nyaman dan aman sesuai dengan protokol Covid-19.

 

“Ditengah tatanan kehidupan baru, rest area disepanjang Ruas Tol Cipali memberlakukan beberapa peraturan baru demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, seperti memberlakukan jarak di tenant rest area, memberlakukan physical distancing di ruang ibadah di seluruh rest area dan juga menganjurkan untuk tidak makan di tempat atau take away serta Untuk menambah kenyamanan pengguna jalan, ASTRA Tol Cipali juga menyediakan toilet shower air panas bagi pengemudi kendaraan golongan 2 ke atas di 4 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area tipe B yang berada di KM 86 & KM 130 arah Cikopo dan Palimanan,” pungkas Suyitno. ( ping) 

 

Tag : No Tag

Berita Terkait