Loading

Pabrik Makanan Unggas Diduga Buang Limbah Sembarangan


Penulis: Fredy Hutasoit/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 1754 kali


PT Medion Farma Jaya

BANDUNG BARAT, Medikomonline – Pabrik makanan unggas PT Medion diduga membuang limbah sembarangan. Padahal berdasarkan UU Lingkungan No 32 Tahun 2009, semua pabrik harus memiliki IPAL yang berfungsi dengan baik. Dengan adanta IPAL pembuangannya sesuai baku mutu yang sudah ditetapkan pemerintah.

Namun dilihat dari video yang diekspose oleh Tim Satgas Citarum Harum, PT Medion telah nyata dan terang-terangan membuang limbah dengan sembarangan. Dibuktikan juga dengan test COD yang melampaui baku mutu sehingga langsung diambil tindakan penutupan outlet dengan dicor.

Karena pelanggaran berat ini,  PT Medion wajib diaudit lingkungan menyangkut ipal, sludge yang dibuang dan bagaimana mereka melihat ipal selama ini.

Ketika wartawan hendak mengkonfirmasi ke pihak perusahan, tidak satu pun yang bersedia dimintai penjelasan. "Kami tidak bisa memberikan pernyataan apapun terkait masalah ini. Silakan saja ke pihak yang berwenang nanti takut salah," ujar seorang staf yang tidak bersedia namanya dimuat.

Mengenai permasalahan ini, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat yang juga hendak dikonfirmasi tidak berada di tempat. Menurut salah seorang staf, ”Pak Kadis sedang tidak di kantor. Kalau berkenan hari Senin saja ke sini."

 

Tag : No Tag

Berita Terkait