Loading

Wartawan Kabupaten Karo Bahas Kriminalisasi Jurnalis


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 960 kali


Wartawan media online dan cetak di Kabupaten Karo membahas peristiwa kriminalisasi jurnalis salah satu media online di Siantar.

KABANJAHE, Medikomonline.com - Wartawan media online dan cetak di Kabupaten Karo membahas peristiwa kriminalisasi jurnalis salah satu media online di Siantar. Para wartawan berkumpul di Kopi Pak RM di Kabanjahe, Senin (21/6/2021) pukul 01:00.

Mawar Ginting dan Jhon Ginting sebagai pembawa acara dalam forum tersebut mengajak  para jurnalis untuk menunjukkan sikap terkait penembakan seorang wartawan di Siantar.

Respons dan empati dari para jurnalis Karo melahirkan satu rencana melakukan aksi damai ke Mapolres Tanah Karo dalam waktu dekat.

Pelaksanaan aksi damai ini diharapkan memberikan satu gerakan yang bisa menyampaikan aspirasi wartawan ke public. Aksi damai ini akan menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjaga untuk tidak menyinggung perasaan siapapun dengan konteks yang searah dengan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Perlengkapan aksi damai ini cukup sederhana, hanya menggunakan  sepanduk, kardus untuk menyampaikan aspirasi dengan tulisan pita merah, masker, hand sanitizer, dan toa.

Jhon Ginting juga menyampaikan, aksi wartawan jangan  sempat menggangu pengguna jalan. “Ketertiban lalu lintas harus tetap terjaga supaya masyarakat jangan terganggu dengan kegiatan kita,” katanya.

Mawar Ginting sebagai perwakilan perempuan dalam aksi ini juga meminta gerakan ini murni solidaritas dari wartawan dan tidak  boleh ditunggangi oleh hal-hal lain. “Kita membawa nama media kita masing-masing,”  ujar wartawan   yang  aktif menulis di salah satu  media online ini.

Aksi damai akan dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Juni 2021, pukul 10.00 WIB sampai selesai. Titik kumpul di Makam Pahlawan Kabanjahe dan menuju Mapolres Karo.

Diharapkan kepada semua wartawan yang ada di Kabupaten Karo datang dalam pelaksanaan aksi damai untuk menunjukkan rasa solidaritas  para jurnalis. Biaya yang timbul dalam aksi nantinya hasil donasi dari para jurnalis.

Tag : No Tag

Berita Terkait