Loading

ARM Desak Kejagung dan KPK Periksa Kadishub Jabar Terkait Proyek Pembangunan Terminal Ciledug


Penulis: IthinK
1 Tahun lalu, Dibaca : 953 kali


Ketua Umum Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) Furqon Mujahid Bangun

BANDUNG, Medikomonline.comTerkait Proyek Pembangunan Terminal Tipe B Ciledug, Ketua Umum Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) Furqon Mujahid Bangun mendesak KPK dan Kejaksaan Agung RI untuk sesegera mungkin melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat atas banyaknya indikasi dugaan pelanggaran hukum yang terjadi pada Dinas Perhubungan Jawa Barat. Salah satunya adalah mengenai proyek Pembangunan Terminal Tipe B Ciledug.

“ARM telah mempersiapkan data dan bukti pendukung atas dugaan tersebut yang akan diserahkan kepada KPK dan Kejaksaan agung RI melalui Jaksa Agung Muda tindak Pidana Khusus (Jampidsus pada Kejagung RI),” kata Mujahid yang juga Danstagas Anti Korupsi Forum Ormas Jawa Barat ini.

Lebih lanjut Mujahid juga menyampaikan, dalam waktu dekat ini ARM akan melakukan aksi unjuk rasa ke KPK dan ke Kejaksaan Agung RI sebagai bentuk desakkan agar KPK dan Kejagung dapat segera menindaklanjuti dugaan pelanggaran yang terjadi pada Dinas Perhubungan Jawa Barat.

Proyek Pembangunan Terminal Tipe B Ciledug yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat pada tahun angggaran 2022. (Foto: Medikom)

“Dugaan pelanggaran ini harus diungkap dengan terang benderang. Mengapa pemenang lelang PT. Gunakarya Nusantara tidak mengerjakan pekerjaan Pembangunan Terminal Tipe B Ciledug dengan nilai kontrak sekitar Rp45 miliar ini? Ini kan aneh sekali! Hal ini harus dilaporkan ke lembaga penegak hukum,” tegas Mujahid di Bandung, Jumat (18/11/2022).

Sementara berdasarkan penelusuruan Tim Investigasi Medikom di lokasi Proyek Pembangunan Terminal Tipe B Ciledug pada 25 Agustus 2022 lalu, di plang papan proyek tertera nama kontraktor pelaksana adalah PT. Anugerah Bangun Kencana dengan nilai kontrak Rp.45.791.854.528,00.

Sedangkan dari penelusuran Medikom di LPSE Jawa Barat, pemenang lelang Pembangunan Terminal Tipe B Ciledug ini adalah PT. Gunakarya Nusantara dengan nilai kontrak Rp. 43.653.733.760,00. 

Terkait adanya keganjilan pelaksanaan pekerjaan Proyek Pembangunan Terminal Tipe B Ciledug ini telah dikonfirmasikan oleh Medikom kepada Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Ir. A. Koswara, M.P sejak tanggal 08 September 2022 lalu. Tetapi sampai saat ini tidak ada penjelasan dari  Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Ir. A. Koswara, M.P.

Dinas Perhubungan Jawa Barat juga meminta Medikom untuk menghubungi UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Wilayah IV di Cirebon. Dinas Perhubungan Jawa Barat juga memberikan nomor HP atas nama Jim, pegawai UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Wilayah IV. Medikom telah menghubungi nomor tersebut, tetapi sampai saat ini juga tidak ada jawaban.   

Tag : No Tag

Berita Terkait