Loading

Atasi Banjir Kahatex, Pemkab Sumedang Akan Normalisasi Sungai Cikeruh dan Cikondang


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1173 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meninjau ke sejumlah titik lokasi banjir di Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung.

SUMEDANG, Medikomonline Pemerintah Kabupaten Sumedang akan menormalisasi Sungai Cikeruh dan Cikondang untuk mengantisipasi banjir di wilayah Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung.

"Kami akan melakukan upaya untuk mengantisipasi banjir ini, seperti mengoptimalkan drainase di wilayah Cipacing serta normalisasi Sungai Cikeruh dan Cikondang. Selain itu, akan dibangun kolam retensi di wilayah Cipacing,” kata Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meninjau ke sejumlah titik lokasi banjir di Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung, Rabu (12/2/2020).

Bupati Dony menyampaikan, banjir di wilayah tersebut sudah puluhan tahun terjadi dan tidak pernah selesai. Ia menyebutkan, sedikitnya ada tiga titik lokasi yang kerap diterjang banjir, yakni di Jalan Raya Bandung-Garut KM 23 sepanjang 900 meter, wilayah Desa Cipacing dan Dusun Cipasir Desa Cintamulya.

Berkaitan dengan penanganan banjir tersebut, Bupati menyampaikan ada beberapa solusi pencegahan untuk mengatasi banjir, di antaranya dengan membangun jaringan irigasi dan normalisasi sungai serta membangun kolam retensi untuk menampung air.

Ketika meninjau lokasi banjir tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, unsur Forkopimda, dan sejumlah pejabat Pemkab Sumedang. Ada dua titik lokasi yang ditinjau, yaitu perkampungan Solokan Jarak Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor dan PT Kahatex di Kecamatan Cimanggung. Dua lokasi tersebut kerap menjadi langganan banjir setiap tahun saat musim penghujan.

Kondisi tersebut diduga selain disebabkan belum optimalnya sistem drainase juga disebabkan sedimentasi di sekitar aliran sungai,  ditambah persoalan sampah yang menyumbat gorong-gorong.

Melihat permasalahan banjir tersebut, usai melakukan peninjauan, Bupati beserta rombongan langsung menggelar rapat koordinasi untuk rencana aksi penanganan banjir sekaligus membahas mengenai penyaluran bantuan sembako.

Tag : No Tag

Berita Terkait