Loading

DPRD Jabar Minta Peningkatan Jalan Cikadu-Bandung Dijaga Kualitasnya


Penulis: IthinK/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1033 kali


Foto kiri: Anggota DPRD Jabar Daddy Rohanady. Foto kanan: Alat berat melakukan pekerjaan pemadatan tanah di lokasi Peningkatan Jalan Cikadu - Kebon Muncang - Bts. Kab. Bandung/Cianjur.

BANDUNG, Medikomonline.com DPRD Jabar meminta Peningkatan Jalan Cikadu - Kebon Muncang - Bts. Kab. Bandung/Cianjur yang saat ini dikerjakan agar dijaga kualitasnya.

 

Semoga juga kualitasnya dijaga dan diawasi kawan-kawan BPJ I secara ketat. Andai saja saya ditempatkan kembali di Komisi IV, nanti kami lakukan peninjauan lapangan,” kata Anggota DPRD Jabar Daddy Rohanady kepada Medikomonline di Bandung, Selasa (10/9/2019).

 

Daddy yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar 2014-2019 menjelaskan, Ruas Jalan Cikadu - Kebon Muncang - Bts. Kab. Bandung/Cianjur tersebut sebenarnya sudah lama diminta Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) I untuk digarap, tetapi tahun-tahun sebelumnya selalu tidak dapat dukungan.

 

“Mudah-mudahan pekerjaan yang lama dinanti masyarakat itu akan menjadi solusi masalah yang ada selama ini. Akses jalan tersebut memang amat dibutuhkan untuk jadi solusi dalam memperpendek waktu tempuh,” kata Daddy yang juga Wakil Ketua DPD Gerindra Jabar.

 

Masalah akses jalan yang selama ini dihadapi masyarkat Cikadu yaitu karena masih  ada jalan sepanjang 6,1 Km lagi yang belum beraspal.  Akses jalan ini dilalui masyarakat Cikadu menuju Ciwidey di Kabupaten Bandung. Kondisi akses jalan ini masih jalan tanah.

 

BPJ I saat ini telah berganti nama jadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Wilayah Pelayanan I.  

 

Kepala UPTD PJJ Wilayah Pelayanan I – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Indra Maha kepada Medikomonline di Bandung, Selasa (10/09/2019) mengatakan, Jalan Ruas Cikadu-Kebun Muncang-Bts. Kab. Bandung/Cianjur di tahun 2019 ini akan selesai diaspal sepanjang 6,1 Km.

 

“Dengan selesainya 6,1 Km Ruas Cikadu-Kebun Muncang-Bts. Kab. Bandung/Cianjur di tahun ini (2019-red), kami akan memprogramkan Ruas Sp. Muara Cikadu-Cikadu di tahun-tahun berikutnya sehingga pada akhirnya tercapai jaringan jalan baik dan menyeluruh mulai dari Sp. Muara Cikadu hingga batas Kab Bandung/Cianjur,” tegas Indra.

 

Dengan demikian, kata Indra,  waktu tempuh akan semakin singkat dan pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih terjangkau serta semakin meningkat.

 

Di tengah hutan yang masih alami, jalan tanah sepanjang 6,1 Km kini ditingkatkan menjadi jalan beraspal. Di tahun anggaran 2019, UPTD PJJ Wilayah Pelayanan I sedang melaksanakan Peningkatan Jalan Cikadu - Kebon Muncang - Bts. Kab. Bandung/Cianjur (6,1 Km)-DAK.

 

Pengerjaan  Peningkatan Jalan Cikadu - Kebon Muncang - Bts. Kab. Bandung/Cianjur (6,1 Km) dilakukan oleh kontraktor PT.Sinar Mutiara dengan nilai sebesar Rp15,9 milyar.

 

Di awal Agustus 2019 lalu, Medikomonline melihat sejumlah alat berat melakukan pekerjaan pemadatan tanah di lokasi Peningkatan Jalan Cikadu - Kebon Muncang - Bts. Kab. Bandung/Cianjur. Tumpukan sirtu juga terhampar di sepanjang pekerjaan jalan tersebut.

 

Peningkatan Jalan Cikadu - Kebon Muncang - Bts. Kab. Bandung/Cianjur disambut gembira oleh masyarakat Cikadu. Neneng, pedagang di alun-alun Cikadu kepada Medikomonline mengatakan, masyarakat sudah lama mendambakan jalan beraspal tembus dari Cikadu menuju Kabupaten Bandung.

 

Menurutnya, dengan adanya jalan beraspal dari Cikadu menuju Ciwidey Kabupaten Bandung, maka roda perekonomian masyarakat akan semakin maju. “Hasil bumi dari pertanian Cikadu semakin mudah dijual ke Ciwidey,” katanya. 

Neneng juga menceritakan, selama ini untuk berbelanja kebutuhan barang dagangan, mereka hanya menunggu mobil pedagang yang datang ke Cikadu. “Jika nanti jalan aspalnya telah selesai, kami bisa belanja barang langsung ke Ciwidey,” ujarnya dengan gembira. 

Tag : No Tag

Berita Terkait