Loading

Gubernur Jabar Serahkan Fly Over Jalan Laswi dan Jakarta Ke Wali Kota Bandung


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 939 kali


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani prasasti peresmian Fly Over Jalan Laswi dan Jalan Jakarta. (Foto: Medikomonline)

BANDUNG, Medikomonline.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan Fly Over Jalan Laswi dan Jalan Jakarta ke Pemkot Bandung. “Kita hari ini resmi menyerahkan kepada Wali Kota Bandung dua fasilitasi jembatan Fly Over Jalan Laswi dan Jalan Jakarta,” kata Gubernur dalam acara peresmian penggunaan kedua fly over ini.

Peresmian kedua fly over ini dilakukan Gububernur Jawa Barat dengan menekan sirine dan menandatangani prasasti kedua fly over di  atas Jembatan Fly Over Jalan Laswi, Bandung, Kamis (22/04/2021).

Ridwan Kamil meresmikan pengguanan Jembatan Fly Over Jalan Laswi dan Jalan Jakarta yang telah selesai dibangun oleh UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan III – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat (Jabar) pada akhir tahun 2020 lalu.

Gubernur mengatakan, seiring waktu tidak bisa dihindari, dengan jumlah manusia di Kota Bandung yang semakin banyak, lalu lintas makin padat, maka pembangunan jalan layang itu harus diteruskan untuk membantu kepolisian mengurangi beban kemacetan.

“Saya titip ke Pak Koswara (Kadis Bina Marga-red), kalau membangun seperti ini (fly over-red) gak boleh dua tahun ya. Kita harus pakai kecepatan satu tahun satu proyek. Jadi proses perencanaan, pelelangan, dan lain-lain harus didesain dengan lebih baik. Itu pesan saya, sehingga jumlah (fly over-red) yang dibangun bisa lebih banyak ya,” pesan Gubernur.

Dalam acara persemian fly over ini, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Ir A Koswara MP mengatakan, pada tahun 2021 ini, kedua fly over tersebut akan dilakukan pekerjaan beutifikasi sehingga dapat memberikan nilai estetika bagi Kota Bandung, tentunya dengan nilai estetika yang selaras dengan ciri khas Jabar.

“Pembangunan infrastruktur fly over ini merupakan salah satu upaya pembangunan strategis yang dipersembahkan Pemprov Jawa Barat untuk masyarakat dan untuk mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi daerah,” kata Koswara.

Lanjut Koswara, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar telah menyelesaikan pembangunan dua fly over yang terletak pada ruas Jalan Jakarta dan Jalan Laswi yang dibangun dalam dua tahap, dua tahun anggaran.

Tahap satu tahun 2019 untuk bangunan bawah dan tahap dua tahun 2020 untuk bangunan atas.  Pembangunan fly over ini selesai kontrak pada tanggal 24 Desember 2020.

“Tujuan dibangunnya dua fly over ini untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang terjadi di lokasi tersebut dan juga untuk meningkatkan aksesibilitas wilayah sesuai dengan salah satu indikator kinerja utama Pemprov Jawa Barat,” ujarnya.

Dijelaskan Koswara, sejak tanggal 15 Desember 2020, kedua fly over tersebut telah diujicoba dan digunakan untuk melayani arus lalu lintas pada kegiatan Natal dan tahun baru 2020.

Terkait dengan pekerjaan beutifikasi Fly Over Jalan Laswi dan Jalan Jakarta, Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan III Ruhiyat kepada Medikomonline mengatakan, bentuk biutifikasi fly over masih dalam proses perancangan. “Bentuknya belum, sedang proses, mungkin sejenis FO Pelangi,” katanya.

Selaku pihak yang memimpin pembangunan kedua fly over ini, Ruhiyat menambahkan, kendala pembangunan dua fly over di masa pandemi Covid-19 pada tahun 2020 bisa diatasi dengan metode rekayasa pelaksanaan.

“Kita melakukan metode rekayasa pelaksanaan, alat ditambah, tenaga ditambah, waktunya dilakukan penyesuaian, naik jam kerjanya. Pada akhirnya, penyedia dapat melaksanakan pekerjaan dengan tepat waktu, bahkan lebih cepat,” ungkapnya di sela-sela acara peresmian fly over kepada Medikomonline.

Pembangunan kedua fly over ini bisa selesai tepat waktu tidak terlepas dari kerja keras pihak kontraktor.  Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta ini dikerjakan oleh kontraktor PT Amber Hasya.  Sedangkan Pembangunan Fly Over Jalan Laswi dikerjakan oleh kontraktor PT Sarana Seja Ibadah KSO PT Gurky Putera Mandiri

Fly Over Jalan Jakarta ini memiliki panjang bentang jembatan 40,8 meter dengan panjang keseluruhuan 480 meter. Jumlah anggaran untuk menyelesaikan fly over ini adalah Rp34 milyar.

Kemudian Fly Over Jalan Laswi memiliki panjang bentang jembatan 35,8 meter dan panjang keseluruhan 480 meter. Biaya pembangunannya Rp29 milyar. 

Tag : No Tag

Berita Terkait