Loading

Kades Ajijulu dan Camat Berastagi Bersama-sama Atasi Kerusakan Jalan Simpang Ujung Aji-Ajijulu


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 2002 kali


Kepala Desa Ajijulu Matius Perangin-angin dan stafnya meninjau jalan yang rusak parah, berlubang dan tergenang air di Desa Ajijulu, Kecamatan Tiga Panah. (Foto: Tekwasi)

BERASTAGI, Medikomonline.com – Kondisi ruas Jalan Simpang Ujung Aji – Ajijulu yang baru diperbaiki beberapa bulan lalu, kini rusak parah berlubang dan tergenang air. Kerusakan aspal jalan ini diduga disebabkan limpasan air yang terus menerus ke badan jalan dan saluran air (drainase) tidak berfungsi.

 

Kondisi Jalan Simpang Ujung Aji – Ajijulu yang rusak ini bukan setahun atau dua tahun berlangsung. Kerusakan ini akan terus berkelanjutan jika pemerintah tidak mengambil sikap.

 

Kondisi jalan yang rusak parah ini membuat warga Desa Ajijulu, Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo merasa kesal dan tidak nyaman berkendaraan. Melihat kondisi ini,  Pemerintah Desa Ajijulu bersama   perangkat dan perwakilan masyarakat Ajijulu  melaksanakan pertemuan dengan Camat Berastagi di Kantor Camat Berastagi untuk membahas masalah limpasan air ke badan jalan dan kerusakan jalan. Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah dan Masyarakat Desa Ajijulu diterima oleh Sekretaris Camat Berastagi Ijin Guru Singa  di ruang kerjanya, Senin  (26/8/2019) pukul 12 :00 WIB.

 

Ijin Guru Singa mengatakan kepada Kepala Desa (Kades) Ajijulu Matius Perangin-angin dan stafnya, pihak Kecamatan Berastagi akan  berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Rumah Berastagi tentang masalah limpasan air ke badan jalan dan kerusakan jalan ini.

 

Menurut penuturan Kades Ajijulu Matius Perangin-angin dan stafnya, air yang mengalir ke badan jalan ruas Jalan Simpang Ujung Aji – Ajijulu tersebut berasal dari Dusun Ujung  Aji, Desa Rumah Berastagi, Kecamatan Berastagi. Air ini berasal dari limbah rumah tangga dan kemungkinan ada bocoran pipa air yang belum diketahui  titik kebocorannya. “Hal  ini sudah disampaikan kepada Camat  Berastagi, makanya kami datang,” ujar Matius.

 

Camat Berastagi Mirton Ketaren yang dikonfirmasi Medikomonline, Selasa (27/8/2019) mengatakan, pihak Kecamatan Berastagi sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Rumah Berastagi tentang penanganan drainase  di wilayah desanya, yaitu aliran air limbah rumah tangga dan hal-hal lain yang menyebabkan air tumpah ke jalan dan menyebabkan jalan rusak.


Mirton menganjurkan supaya Pemerintah Desa Rumah Berastagi menyurati pihak Kecamatan Berastagi sebagai pimpinan wilayah. “Kami dari pihak kecamatan akan menyurati pihak Dinas PUPR dan Bapedda supaya menindak lanjuti hal ini. Dan hasil konfirmasi Camat  Berastagi dengan Plt Kepala Dinas PUPR  melaui telepon,  akan dikerjakan  di bulan  Oktober 2019 karena  sudah dianggarkan,” ujar Camat pada wartawan Medikomonline.


Namun demikian kata Mirton, pihak Kecamatan Berastagi akan mengajak  Pemerintah Desa Rumah Berastagi untuk melaksanakan gotong royong di sekitar lokasi yang dialiri air tersebut. “Untuk mengatasi genangan air dan sekaligus menyikapi keluhan masyarakat Desa Ajijulu  tentang hal ini,” ujar Mirton kepada wartawan di ruang kerjanya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait