Loading

Kepala BBWS Citanduy Pastikan Kerjaan Sesuai Spesifikasi dan Ingatkan Kontraktor Jangan Main-main


Penulis: Herz_Ciamis/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1848 kali


Bambang Hidayah, ME memperhatikan pekerjaan yang sedang berjalan. (Foto : Herz_Cms).

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com Demi mewujudkan dan mengoptimalkan kestabilan pemanfatan sumber daya air ke depan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy yang beralamat kantor di Jln. Profesor Ir. Sutami No. 1, Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat, di bawah lingkungan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Republik Indonesia, Bambang Hidayah, ME, Rabu sore (25/05/2022) tiba di lokasi pekerjaan “Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Lakbok Utara paket 1”. Sebelumnya Kabalai bersama tim rombongan dengan para staf BBWS Citanduy sehari itu full melakukan kunjungan atau keliling meninjau ke beberapa lokasi pekerjaan yang sedang berjalan.

Kepada Medikomonline.com Bambang Hidayah, ME mengungkapkan, tinjauan pekerjaan ini sengaja dilakukan demi mengecek semua pekerjaan yang sedang berlangsung.

“Pemantauan dengan terjun langsung ini bertujuan supaya kami bisa tahu persis perkembangan proses pekerjaan yang sedang berjalan saat ini. Kami juga melakukan cek dan bagaimana saja kondisi di lapangan terkini, termasuk mengecek kesiapan kontraktor baik dari sisi bahan, alat, tenaga kerja dan lainnya,” tutur Bambang.

Dikatakan, BBWS Citanduy tahun ini sedikitnya ada sepuluh pekerjaan sarana prasarana (fisik) paket pekerjaan yang bersifat lelang. Tentu ini harus berjalan sesuai rencana juga bisa lancar sebagaimana mestinya.

Dirinya pun mengecek langsung ke lapangan sekiranya apa juga yang menjadi potensi kendala harus diantisipasi sejak dini juga bagian dari bahan evaluasi di dinas (BBWS Citanduy).

Jangan sampai nantinya jika ada kendala tidak tertangani, ini pun bisa menjadi kendala yang tidak diharapkan. Yang jelas kami akan terus konsen terus memantau terhadap semua pekerjaan yang ada di lingkup BBWS Citanduy,” terang Bambang Hidayah, ME.


Kepala BBWS Citanduy, Bambang Hidayah, ME (keempat dari kiri), Gandes Sawitri Kabid KPISDA, PPK Irigasi dan Rawa, Andi Listiono, S.T., M,Eng, dan Kasatker SNVT PJPA BBWS Citanduy, Fabian Priandani, S.T., M.T., Kabid Pelaksana, Ir. Sugeng Harianto, M.T., Kabid Pelaksana (kiri ke kanan), Direktur PT. Devosindo/Pemenang Lelang, Imam Badrutaman (ketiga dari kanan). (Foto: Herz_Medikom Cms). 

“Pekerjaan rehabilitasi jaringan DI Lakbok Utara ini kebetulan ada dua paket pekerjaan di bawah lingkup Satuan Kerja (Satker) Bidang Irigasi dan Rawa SNVT Pemanfaatan Sumber Daya Air BBWS Citanduy dan kami terus berkomitmen dalam mewujudkan tata guna manfaat air agar bisa secara menyeluruh dapat dimanfaatkan semua pihak nantinya. Khususnya bagi para petani pekerjaan ini nantinya bisa lebih meningkatkan hasil produksi tani di wilayahnya. Sehari ini kita sudah meninjau atau mengecek pekerjaan yang sedang berjalan ke beberapa titik pekerjaan, dan besok pun, kami masih melakukan kunjungan/monitoring ke beberapa titik pekerjaan lainnya,” ungkapnya.

Bambang menekankan kepada rekanan pekerjaan/kontraktor juga Satker maupun PPK pekerjaan, spesifikasi teknis pekerjaan tetap dikedepankan, kualitas dan kuantitas pekerjaan juga harus diperhatikan.

“Jangan sampai kontraktor atau siapa saja yang memiliki tangung jawab pada pekerjaan di sini ada yang main-main atau tidak sesuai kontrak kerja termasuk addendum. Pekerjaan ini harus berjalan sesuai rencana dan skedul yang sudah juga ditetapkan pada kontrak kerja dan addendumnya,” tegasnya.  

Kabalai BBWS Citanduy, Bambang Hidayah, ME sedang melihat gambar pekerjaan DI Lakbok Utara. (Foto : Herz_Cms). 

Dijelaskan pekerjaan ini semua bersumber anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal (Dirjen) SDA Republik Indonesia. Nantinya masyarakat itu sendiri yang akan menikmati atau yang akan menggunakan manfaat dari sumber daya air ini.

Bambang pun mengingatkan ke semua yang berwenang, agar memperhatikan semua unsur atau pondasi pekerjaan termasuk dirinya mewanti-wanti selalu cek elevasi struktur bangunannya jangan sampai tidak berfungsi nantinya jika sudah jadi.

“Jadi tolong cek semua kegiatan pekerjaan dan elevasi airnya. Saya tidak mengharapkan, usai jadi nanti pekerjaan tidak berfungsi, tolong diperhatikan,” tegas Bambang Hidayah, ME, Rabu sore (25/05/2022) di Karangpaningal, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis.

Pemantauan pekerjaan diketuai Kepala BBWS Citanduy, Bambang Hidayah, ME yang juga diikuti beberapa rombongan staf dari BBWS Citanduy. Bambang Hidayah terlihat konsen mengkaji gambar pekerjaan dan meminta keterangan secara detail itu pun dijelaskan PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Pekerjaan Bidang Irigasi dan Rawa SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfataan Air BBWS Citanduy, Andi Sulistiono, S.T., M.Eng.

Dirinya sangat mengharapkan pekerjaan berjalan dengan baik. Untuk itu Bambang Hidayah dengan tegas menyampaikan kepada pihak terkait yang memiliki tanggung jawab pekerjaan baik kepada kontraktor, Satuan Kerja (Satker) maupun Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pekerjaan ini harus betul-betul dicek. Jangan sampai tidak fungsi nantinya dalam mengaliri areal persawahan dari hulu ke hilir.

“Monitoring pekerjaan ini sangat penting, agar pekerjaan sarana prasana daya guna/pemanfaatan air bisa lebih optimal berjalan sesuai yang diharapkan semua pihak,” imbuh Bambang Hidayah, ME.

Usai melihat ke lapangan langsung menurutnya, alhamdulillah pekerjaan berjalan sesuai rencana dan dilihat dari sisi kualitas, spesifikasi teknis, alhamdulillah sudah sesuai.

Dirinya berharap, pekerjaan ini harus juga berfungsi mengaliri areal persawahan secara merata supaya petani bisa meningkatkan hasil produksinya ke depan. 

Direktur PT. Devosindo, Imam Badrutaman Didampingi, Arif Iman Nurarifin, S.T.

Kontraktor Berkomitmen

Disinggung pelaksanaan pekerjaan, Direktur PT. Devosindo, Imam Badrutaman didampingi Arif Iman Nurarifin, S.T. mengatakan, sampai saat ini pekerjaan sudah berjalan kurang lebih 27%, relatif melebihi progres. Semua ini berkat dukungan semua pihak termasuk juga melibatkan putra daerah langsung. Bahkan juga mengangkat beberapa orang sekitar yang diberi tugas untuk pegang tanggung jawab masing= – masing. Supaya apa, kami bisa mudah beekordinasi di lapangan.

“Kami tetap berkomitmen mengerjakan pekerjaan sesuai payung hukum yang ada, baik sesuai dokumen lelang/kontrak juga addendum yang telah disepakati. Dua bulan yang lalu kami sudah pula mensosialisasikan pekerjaan bersama BBWS Citanduy dengan unsur pemerintah setempat baik Camat, Danramil dan sektor kepolisian yang ada. Kemudian kami juga selalu mendengar apa yang menjadi masukan masyarakat terutama juga dalam memberdayakan putra daerah,” ungkap Imam.

Menurutnya, pekerjaan di sini melibatkan hampir kebanyakan putra daerah/orang sekitar. Pihaknya hanya membawa tim ahli seperti bagian teknis, perlatan dan bahan semua sudah diatur. Jadi untuk pekerjaan yang sifatnya sesuai spesifikasi teknis ada bagiannya. Artinya tetap pekerjaan mengutamakan spesifikasi teknis pekerjaan.

“Awal pekerjaan sebelumnya kami kaji/konsep terlebih dahulu, pelajari item pekerjaan semua kita siapkan terlebih dahulu agar pekerjaan berjalan sesuai rencana/diharapkan kita ssmua. Di awal memang kami terlihat seperti lambat, namun semata kami mempersiapkan atau planing yang matang sebelum pekerjaan dimulai,” tutur Imam.

Ia mengaku pekerjaan sangat terbantu oleh masyarakat dan putra daerah yang dipekerjakan.

“Kami sangat terbantu dan alhamdulillah pekerjaan kami melebihi dari progres. Upaya dalam memberdayakan masyarakat sekitar kami pun mempercayakan kepada saudara Deni Lakbok, mengingat potensi dirinya kami melihat mumpuni dan dapat membantu kelancaran bagi kami. Maka kami jadikan sebagai orang untuk berkomunikasi demi lancarnya semua pekerjaan,” terang Imam didampingi Arif.  

Segala bentuk koordinasi maupun komunikasi yang kadang sepanjang kita tidak ada di lapangan kami sudah menempatkan sesuai kemampuan dan tupoksinya masing-masing. Dan alhamdulillah sampai saat ini kami pun bekerja banyak dukungan dari semua pihak,” ucap Imam Badrutaman.

Imam berharap dengan adanya pekerjaan ini semua nantinya pun bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Di tempat yang berbeda, Deni Suganda atau yang akrab disapa Deni Lakbok kepada Medikomonline.com mengemukakan, alhamdulillah pemenang lelang dalam hal ini PT. Devosindo yang dari Bandung melibatkan banyak pekerja dari orang sekitar.

Tentu atas kepercayaan yang diberikan, masyarakat sebagai penerima manfaat juga selalu menekankan kualitas dan kuantitas pekerjaan. Dan alhamdulillah PT. Devosindo sangat terbuka dengan apa yang diinginkan. Mereka tidak menutup sepanjang demi baiknya pekerjaan.

”Sebagai warga penerima manfaat nantinya, kami sangat mendukung demi lancarnya pekerjaan tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk kelancaran kegiatan, terutama aspek non teknis tentu terpenting selaras dengan hal teknis. Makanya kami pun senantiasa mensinergikan semuanya termasuk jadwal pelaksanaan dan kegiatan musim tanam pun sudah kami atur dan terukur agar tetap progres pekerjaan tercapai, namun musim tanam padi pun bisa berjalan terukur,” pungkas Deni Lakbok. 

Tag : No Tag

Berita Terkait