Loading

228 KK Desa Nagasari Terima BLT-DD Anggaran Tahun 2020


Penulis: Manah/Agus-Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1692 kali


Foto bersama warga penerima BLT yang didampingi Pj Kades Nagasari, Camat, BPD dan PLD, di aula desa, Senin (15/6/2020). (Manah Sudarsih / Medikomonline.com)

SERANG BARU, Medikomonline.com – Sebanyak 228 Kepala Keluarga (KK) Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap satu Tahun Anggaran 2020.

228 KK penerima BLT tersebut diberikan langsung oleh pihak Bank bjb yang disaksikan Pemdes Nagasari, Camat Serang Baru, Badan Permusyawarahan Desa (BPD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Babinsa dan Bimaspol. Pemberian BLT kepada warga dilaksanakan di aula Desa Nagasari, Senin (15/6/2020).

Camat Serang Baru Subarnas mengatakan, verifikasi akhir data BLT dari delapan desa dilakukan di kecamatan, bersama dengan unsur Pemdes, BPD, Pendamping PKH, BPNT dan PSM, PDP dan PLD.

Setelah data BLT tersebut tidak ganda atau tumpang tindih dengan data lainnya, maka dilakukan penandatanganan bersama sebagai bukti bahwa semua unsur telah ikut memverifikasi data BLT. Ternyata masih ada bantuan sosial datang ke desa, baik dari pusat, provinsi dengan menggunakan lembaga/petugas yang berbeda melalui via Pos dan Giro serta Ojol.

"Verifikasi yang terus dilakukan oleh desa, dibantu pihak kecamatan sebagai fasilitatornya, tentunya agar tidak ada indikasi penerima bantuan yang terdampak Covid'19 ini ganda atau tumpang tindih," ucap Subarnas kepada Medikomonline.com, Senin (15/6/2020).

Tambahnya, dirinya bersama jajaran kecamatan, saat ini melakukan monitoring penyaluran BLT di tiga desa. Mengingat Kabupaten Bekasi saat ini dalam PSBB Proporsional, sehingga penyaluran BLT pun dipastikan tetap mengikuti aturan atau dengan standar protokol kesehatan. 

"Jadi saat penyaluran, warga tetap jaga jarak, wajib pakai masker dan tersedianya tempat cuci tangan atau Hand Sanitizer," tandas Subarnas.


Warga Desa Nagasari antri saat penyaluran BLT, dengan mengikuti protokol kesehatan, di aula desa. (Manah Sudarsih / Medikomonline.com

Menurut Pj Kepala Desa Nagasari Darkim Nurseha, penerima BLT di Desa Nagasari telah melalui verifikasi. Bahkan data pun disinkronkan dengan data lainnya, kemudian dilakukan pengecekan penerima BLT, oleh tim relawan Covid'19, Pemdes, BPD, PLD, Babinsa dan Bimaspol. Tentunya untuk memastikan bahwa penerima BLT itu benar, tidak tumpang tindih atau tidak menerima bantuan dari manapun.

"Insya Alloh 228 penerima BLT valid, dan kepada warga yang telah menerima uangnya, belanjakan untuk kebutuhan sehari-hari," terangnya.

BPD Nagasari Niki Nurhikmah menegaskan, ia mengapresiasi kinerja Pemdes Nagasari yang telah berkerjasama dengan BPD dan semua unsur untuk melakukan verifikasi data BLT sehingga data BLT benar-benar valid.

"Semoga BLT yang disalurkan bermanfaat, dan Virus Korona Covid'19 segera berakhir dan berlalu, hingga warga dapat beraktivitas kembali, seperti sebelum adanya pendemi Covid'19," tuturnya.

PLD Desa Nagasari Abod Dulhoer menuturkan, Desa Nagasari menyerap kuota BLT-DD dengan maksimal yakni sekitar 35 persen dari total Dana Desa yang diterimanya. Dari total penerima 237 KK, namun dalam proses verifikasi sanding data dengan bantuan sosial lainnya, ada sembilan KK yang telah menerima bantuan sosial lainnya. Maka hasil akhir verifikasi hanya ada 228 KK. Sisanya yang tidak terserap akan di Musdesuskan lagi. 

"Saya sebagai PLD, mengawal proses ini dari awal pendataan, musdesus dan sampai realisasinya. Tentunya dengan memberikan arahan-arahan sesuai Permendes No. 6 Tahun 2020 kepada Pemerintah Desa Nagasari khususnya," tutupnya.  


Tag : No Tag

Berita Terkait