Loading

249 Warga Desa Nagacipta Terima BLT-DD Tahap Satu Tahun 2020


Penulis: Manah/Agus-Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1119 kali


Pihak Bank BJB memberikan BLT kepada warga didampingi Sekdes Nagacipta, BPD, PLD, Bimaspol dan Babinsa, di aula desa, (Foto: Manah Sudarsih/Medikomonline.com)

SERANG BARU, Medikomonline.com - Sebanyak 249 warga Desa Nagacipta, Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi menerima  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap satu Tahun Anggaran 2020.

BLT tersebut diberikan langsung oleh pihak Bank BJB yang disaksikan langsung Pemdes Nagacipta, BPD, PLD, Bimaspol dan Babinsa. Pemberian BLT dicairkan dua bulan, April-Mei sebesar Rp1.200.000,- yang dilaksanakan di aula Desa Nagacipta, Selasa (16/6/2020).

Kepala Desa Nagacipta Jabar mengatakan, penerima BLT di Desa Nagacipta telah melalui verifikasi. Bahkan data pun disinkronkan dengan data lainnya, kemudian dilakukan pengecekan penerima BLT oleh tim relawan Covid'19, Pemdes, BPD, PLD, Babinsa dan Bimaspol. Tentunya untuk memastikan bahwa penerima BLT itu benar, tidak tumpang tindih atau tidak menerima bantuan dari manapun.

"Uang yang diterima hak milik penerima BLT. Jangan diberikan sepeserpun kepada RT, RW atau perangkat desa lainnya. Dan uangnya dipergunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari, jangan dibelikan yang tidak perlu," kata Jabar kepada Medikomonline.com, Selasa (16/6/2020).

Di tempat yang sama Sekdes Nagacipta Aming menuturkan, saat ini yang dicairkan pihak Bank bjb untuk penerima BLT dua bulan, April-Mei dari anggaran DD tahap satu. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima. 

"Saya tentu sangat bangga pada semua pihak, termasuk perangkat desa, Rt dan Rw, yang dibantu oleh PLD, hingga data BLT sesuai dengan aturannya, bahkan telah di-Perdes-kan," terangnya.

Foto bersama dengan penerima BLT, yang didampingi Kades Nagacipta, BPD, PLD dan Bimaspol. (Foto: Manah Sudarsih/Medikomonline.com)

BPD Nagacipta Tarsan Hermawanto menjelaskan, dirinya mengapresiasi kinerja Pemdes bersama jajarannya. Sehingga BLT di Desa Nagacipta telah disalurkan dua bulan. Tentu saja, bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu warga dimasa pandemi korona Covid'19 dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Saya berharap corona atau Covid'19 ini segera berlalu, dan warga bisa beraktivitas seperti semula sebelum adanya Covid'19," terangnya.

PLD Desa Nagacipta Abod Dulhaer mengungkapkan, Desa Nagacipta menyerap kuota BLT-DD dengan maksimal yakni sekitar 35 persen dari total Dana Desa yang diterimanya. Namun dalam proses verifikasi ulang sanding data dengan bantuan sosial lainnya, ada yang telah menerima bantuan sosial lainnya. Maka hasil akhir verifikasi hanya ada 249 KK penerima BLT.

"Saya sebagai PLD, mengawal proses ini dari awal pendataan, musdesus dan sampai realisasinya. Tentunya dengan memberikan arahan-arahan sesuai Permendes No. 6 Tahun 2020 kepada Pemerintah Desa Nagacipta khususnya," tutupnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait