Loading

595 Warga Desa Setialaksana Terima BST


Penulis: Manah Sudarsih/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 2468 kali


Kepala Desa Setialaksana Rohmat Hidayatullah saat ditemui awak media, usai acara BST. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)




CABANG BUNGIN, medikomonline.com – Sekitar 595 warga Desa Setialaksana Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi mendatangi Kantor Kepala Desa untuk mengambil haknya sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang digelar oleh pemerintah desa, kemarin. BST tersebut program dari Kementerian Pertanian, yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp1.800.000 untuk tiga bulan. Bantuan sosial ini merupakan bantuan susulan bagi warga yang belum menerima bantuan dari manapun.

Menurut Kepala Desa Setialaksana Rohmat Hidayatulloh, pemdes dan BPD dibantu Pendamping Lokal Desa (PLD) sudah semaksimal mungkin untuk mendistribusikan seluruh bantuan sosial yang diinstruksikan. Seperti PKH dan non PKH, Bantuan Provinsi, Bantuan Kabupaten, KKS Covid19 kepada keluarga penerima manfaat. Bahkan warga yang terserap dalam BLT dana desa tahap satu Tahun Anggaran 2020 telah direalisasikan sesuai dengan estimasi anggaran 30 persen.

"Di Desa Setialaksana penerima BLT-DD sekitar 280 KK telah diberikan dua kali, sisa satu kali lagi," jelas Rohmat kepada medikomonline.com, kemarin.


Warga penerima BST Desa Setialaksana antre untuk menerima haknya. (MANAH SUDARSIH/ MEDIKOMONLINE.COM)

 

Terpisah, Ketua BPD Setialaksana Muslih yang didampingi Sekretaris BPD Satiri mengatakan, data BST tidak seperti data BLT-DD, kalau data BLT-DD harus disinkronkan dan divalidasi dengan data PKH, BPNT, Bansos Provinsi dan Kabupaten. Agar data BLT-DD tidak tumpang tindih, sehingga data BLT tersebut valid dan akurat. Sedangkan data BST langsung dari pusat, apalagi data PKH dan non PKH datanya tumpang tindih. 

"Makanya kita semua kerja keras untuk memverifikasi data BLT, agar warga mendapatkan haknya dan datanya tidak ganda atau tumpang tindih," terangnya.

Dilanjutkan oleh Sekretaris BPD Setialaksana Satori, memang di Desa Setialaksana masih ada sekitar 200 warga diluar PNS yang belum menerima bantuan dari manapun. Tentunya sebagai perwakilan dari warga, dengan adanya BST ini sangat membantu warga untuk mengurangi beban kehidupan sehari-hari. 

“Apalagi di desa kami, masih banyak warga yang kurang mampu, saat mereka diberikan bantuan seperti mendapatkan durian runtuh," tutupnya.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait