Loading

Akses Jalan dan Sekitar Patilasan Mbah Puntang Dibersihkan


Penulis: Manah Sudarsih/Agus/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 1054 kali


Pemdes, perangkat desa, BPD, Babinsa dan Bimaspol bersama RT dan RW melaksanakan kerja bakti di sepanjang jalan menuju Patilasan Mbah Puntang. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

BEKASI, Medikomonline.com - Pemerintah Desa Bojongmangu, RT dan RW bersama BPD, Babinsa dan Bimaspol melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sekitar Patilasan Mbah Puntang dan akses jalannya. Tentunya agar lestarinya cagar budaya yang ada di Desa Bojongmangu. Kegiatan tersebut dilaksanakan, Kamis (9/4/2020).

Kepala Desa Bojongmangu Ibut Jari mengatakan, kegiatan kerja bakti di sepanjang jalan menuju Patilasan Mbah Puntang dan sekitarnya. Tentu saja agar Patilasan yang telah menjadi cagar budaya ini tetap lestari. Untuk memperkuatnya pemdes pun telah mengeluarkan Peraturan Desa (Perdes) tentang cagar budaya.

"Patilasan Mbah Puntang ini bisa dijadikan wisata religi, Insya Alloh sarana dan prasarananya akan segera diperbaiki," papar Ibut kepada Medikomonline.com, Kamis (9/4/2020).

Diakuinya, memang akses jalan menuju Patilasan Mbah Puntang masih tanah, jika musim penghujan kendaraan roda empat dan dua sulit untuk sampai ke lokasi. Ke depannya pemdes akan mengalokasikan anggarannya, sebab cagar budaya Mbah Puntang jika dikelola dengan baik dan menjadi obyek wisata religi, tentunya akan menjadi Pendapatan Asli Desa (PAD), bahkan warga sekitar pun menjadi tumbuh dan berkembang ekonominya.

"Ya, pihak desa maupun BPD serius dalam melakukan percepatan pembangunan, tinggal warganya untuk menyambutnya," tegasnya.

Ketua BPD Bojongmangu Ranto menegaskan, BPD sebagai perwakilan warga tentu saja mendukung kegiatan kerja bakti ini. Apalagi kegiatannya, sekaligus untuk membersihkan sekitar Patilasan dan jalan menuju Patilasannya. BPD dan pemdes pun telah sepakat agar cagar budaya Mbah Puntang ini harus dilestarikan dan dijadikan obyek wisata religi.

"Yang penting semua elemen masyarakat harus terlibat dalam pelestarian cagar budaya, sehingga warisan yang diberikan dari orang tua terdahulu tidak kita sia-siakan, bahkan akan terus lestari," terangnya.

Babinsa Desa Bojongmangu Sertu Rusdi Alamsyah mengingatkan, gerakan kerja bakti ini harus dipertahankan karena di dalamnya ada budaya gotong royong. Apalagi yang dikerjakan saat ini untuk membersihkan sekitar Patilasan Mbah Puntang yang jelas ada sejarahnya, dan bagi warga Bojongmangu telah menjadi cagar budaya.

"Kami dari Babinsa dan Bimaspol tentunya apresiasi dan siap mendukung demi lestarinya cagar budaya," pungkasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait