Loading

BUMDes dan Bumdesma Jadi Solusi Peningkatan Pendapatan Asli Desa


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 830 kali


Wabup Sumedang H Erwan Setiawan dalam acara Peningkatan Kapasitas (Capacity Building) Pengelola Bumdesma Kecamatan Cibugel Tahun 2022 di Tegaljarong Jatigede.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Wabup H Erwan Setiawan berharap agar para kepala desa serta pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) bisa mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Hal tersebut mengemuka pada acara Peningkatan Kapasitas (Capacity Building) Pengelola Bumdesma Kecamatan Cibugel Tahun 2022 di Tegaljarong Jatigede, Kamis sore (10/03/2022)

"Saya tahu di desa-desa di Sumedang ada lahan-lahan tanah Kas Desa. Tolong dikelola dengan baik oleh BUMDes atau Bumdesma. Bila perlu dikerjasamakan dengan pihak ketiga sehingga bisa menghasilkan pendapatan desa," katanya.

Namun demikian, Wabup tidak menginginkan kerja sama tersebut hanya menguntungkan pihak ketiga, sedangkan bagi masyarakat desanya tidak ada sama sekali.

"Ke depannya tidak boleh ada lagi seperti itu. Pihak desa hanya jadi penonton. Setelah adanya Bumdesma, kelola dengan baik. Insyaallah nanti kita carikan investornya," ucapnya

Wabup meminta agar para kepala desa dapat memetakan potensi-potensi di desanya, baik potensi pertanian maupun pariwisata, untuk dikembangkan dengan melibatkan investor.

"Para Kades dan pengelola BUMDes melibatkan Bumdesma supaya terkoordinir dan terarah dalam kerja sama dengan investor. Syaratnya ialah keuntungan yang diperoleh desa harus lebih besar serta tenaga kerjanya harus masyarakat setempat," ucapnya.

Wabup berharap, kegiatan Capacity Building tersebut betul-betul dapat meningkatkan kapasitas para pengelola Bumdesma sehingga lebih teruji.

"Dalam kegiatan ini kita diajarkan untuk  kerja sama tim atau team work. Jadi mari kita sampingkan ego-ego, kepentingan pribadi atau golongan. Kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan. Jadi kita berpikir segala sesuatu untuk kepentingan masyarakat," kata Wabup.

Di penghujung acara, Wabup berkesempatan mendengarkan aspirasi dari para kepala desa dan pengelola BUMDes serta Bumdesma. 

Tag : No Tag

Berita Terkait