Loading

Jelang Iduladha Harga Hewan Kurban Naik


Penulis: Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1341 kali


Suasana di lokasi Hewan Kurban milik Asim Suryadi Desa Sukabungah Kecamatan Bojongmangu, pada Rabu (29/6/2022) (AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

BOJONGMANGU, Medikomonline - Harga hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha di wilayah Kecamatan Bojongmangu mengalami kenaikan. Naiknya harga dari distributor tersebut menyebabkan pedagang hewan sulit mendapat keuntungan seperti tahun-tahun sebelumnya. 

"Di Iduladha kali ini, harga tinggi dari distributor tidak diimbangi dengan daya beli masyarakat, akibatnya saya sebagai pedagang bingung dalam menentukan harga yang bisa dijangkau masyarakat," ujar Hasim Suryadi yang disapa Bos Imon seorang pedagang hewan di Desa Sukabungah saat ditemui awak media, pada Rabu (29/06/2022). 

Selain itu, untuk tahun ini dirinya tidak menerima pesanan hewan kurban jauh hari sebelumnya seperti tahun lalu. Ia hanya menerima pesanan pada satu atau dua hari sebelum Iduladha

"Biasanya 30 hari atau 20 hari sebelum Idul Adha banyak yang sudah pesan dan ngasih DP, dengan syarat saya yang menjaga dan memelihara hewan tersebut sampai diambil pembeli pada satu-dua hari jelang Iduladha. Sekarang saya gak berani menerima pesanan seperti itu," ujarnya. 

Terkait antisipasi terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Hasim melakukannya dengan menjaga kebersihan hewan dan kandang serta pemberian vitamin secara rutin. 

"Kita juga lakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan hewan secara rutin seminggu dua kali, disuntik dan diberi vitamin," tandasnya. 

Hasim menambahkan, untuk harga hewan kurban yang dijualnya saat ini, berada di kisaran harga antara Rp 1,5 juta hingga puluhan juta rupiah. 

"Harga kambing per Ekor saat ini dimulai dari Rp1,5 juta hingga Rp 5 juta dan untuk harga sapi per Ekor sekitar Rp 15 juta sampai Rp 30 juta," tutupnya.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait