Loading

Kampung WD Tiga Sukabungah, Berinovasi di Lomba Kampung Bersih Makin Berani


Penulis: Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 480 kali


Foto bersama Muspika, Pemdes, BPD dan Tim Penilai Kampung Bersih Makin Berani di Pos Kamling.

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Kampung Waru Doyong (WD) Tiga RT 01 RW 01 Dusun I Desa Sukabungah Kecamatan Bojongmangu melakukan berbagai Inovasi dalam rangka mengikuti lomba Kampung Bersih Makin Berani tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2022, sekaligus mewakili kecamatan. Maka kedatangan tim penilai dari Kabupaten Bekasi tersebut untuk melihat langsung lokasi kampung bersih makin berani, pada Kamis (4/8/2022). Camat dan Sekcam Bojongmangu bersama Danramil 09 dan Wakapolsek Cibarusah yang didampingi warga setempat menikmati suasana wisata alam Kampung Waru Doyong Tiga.

Sekdes Sukabungah Didin Hasanudin menikmati Kelapa muda di wisata alam Waru Doyong Tiga. (AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

Sekdes Sukabungah Didin Hasanudin menuturkan, Kampung Waru Doyong Tiga RT 01 RW 01 Dusun I, terkenal dengan kebersihan, keindahan, ketertiban dan budaya gotong royongnya. Sehingga sangat tepat untuk dijadikan pilot proyek sekaligus diikut sertakan dalam lomba Kampung Bersih Makin Berani tingkat Kabupaten Bekasi dalam rangka menyambut HUT RI ke 77. 

"Memang yang saya lihat Kampung Waru Doyong Tiga ini terbiasa dengan budaya gotong royong, baik dalam menjaga lingkungannya, seperti kebersihan, keindahan dan ketertiban, jadi pihak desa hanya tinggal memoles, yakni ada inovasi dengan membuat wisata alam, termasuk trek buat bersepeda," katanya kepada awak media, Kamis (4/8/2022).

Apalagi, ungkap Didin, Pemdes Sukabungah disetiap hari Jumat selalu melaksanakan kegiatan kebersihan atau Jumsih. Bahkan pemdes bersama para RT dan RW pun selalu woro-woro tentang K3 dan hidup gotong royong baik melalui medsos, maupun obrolan dilingkungan masing-masing.

"Alhamdulillah setelah Kampung Waru Doyong Tiga disulap menjadi Kampung Bersih Makin Berani, ternyata kampung-kampung yang lain pun, punya keinginan seperti Kampung Waru Doyong Tiga," tandasnya.

Sementara itu Camat Bojongmangu Agung Suganda menegaskan, dirinya pernah datang ke kampung waru doyong tiga tersebut saat acara taraweh keliling (Tarling). Dan pernah mengatakan agar Kampung ini bisa di usulkan untuk menjadi ikon kampung bersih.

"Ternyata jadi kenyataan di tahun 2022 ini Kampung Waru Doyong Tiga RT 01 RW 01 Dusun I mewakili kecamatan bojongmangu dilomba Kampung Bersih Makin Berani, moga meraih juara 1," tutupnya. 

Adapun yang dinilai dari lomba Kampung Bersih Makin Berani terdiri dari tiga indikator, yaitu kebersihan, keindahan, ketertiban dan tim penilai terdiri dari, Dinas Perdagangan, Satpol-PP, Dinas kesehatan dan Dharma Wanita 

Perlu diketahui yang hadir dalam acara tersebut, Camat Bojongmangu, Kepala Puskesmas Karangmulya-Bojongmangu, WaKapolsek dan Danramil 09 Cibarusah, Tim Penilai Kampung Bersih dari Kabupaten, Pemdes Sukabungah, BPD, RT dan RW, tokoh masyarakat, tokoh agama serta warga setempat.


Tag : No Tag

Berita Terkait