Loading

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Panen Udang Vaname di Muaragembong


Penulis: Manas Sudarsih/Agus/Editor: Dadan Supardan
10 Hari lalu, Dibaca : 30 kali


Foto bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Koperasi dan UKM, Dirjen Kehutanan Sosial dari KLHK, didampingi Asda dua, Kadis Perikanan, Camat Muaragembong, Ketua Pokdakan saat melakukan panen


MUARAGEMBONG, Medikomonline.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melakukan panen parsial udang vaname di tambak Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mekar Sejahtera, Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Selasa (17/11/20). Kunjungan Menteri Edhy Prabowo ke Muaragembong didampingi oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki serta Dirjen KLHK.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, Agus Trihono menuturkan, panen parsial udang vaname tersebut menggunakan sistem teknologi baru yang akan dikembangkan lebih jauh pada kelompok petani tambak lain di Kabupaten Bekasi. Panen parsial kali ini untuk mengurangi 10 sampai 20 persen udang yang ada di tambak, bahkan udang yang dipanen ini berumur 72 hari dengan size 50 sampai 60.

“Arahan dari Pak menteri tadi, intinya lahan-lahan tambak di Muaragembong sudah tidak ada masalah lagi, karena Perhutani sudah menyetujui penggunaannya. Yang penting mangrove-nya tetap diperhatikan dan biota lautnya juga dibiarkan hidup,” ujarnya kepada Medikomonline.com.

Agus Trihono berharap ke depan akan banyak klaster-klaster tambak di Muaragembong yang menggunakan sistem teknologi baru.

“Tambak-tambak tersebut nantinya akan dinaungi oleh sebuah koperasi, dimana koperasi itu bisa meng-handle penjualan dan pengadaan benih. Itulah yang menjadi harapan kita, walaupun memerlukan perjalanan yang cukup panjang,” kata Agus.

Pihaknya menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perikanan, akan tetap membina para petani tambak di Muaragembong agar dapat maju dan terus  berkembang dengan baik.

“Dari dinas tetap membina, memantau dan membantu, sehingga kelompok-kelompok ini akan terus berkembang dengan baik,” ujarnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo menegaskan, Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan udang varietas unggulan yang mampu meningkatkan produksi, pendapatan dan kesejahteraan petani ikan. Jenis udang ini memiliki kontribusi volume ekspor mencapai 85 persen.

Udang vaname memiliki karakteristik spesifik, seperti mampu hidup pada kisaran salinitas (tingkat keasinan) yang luas, mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu rendah, memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi, dan memiliki ketahanan yang baik terhadap penyakit sehingga cocok untuk dibudidayakan di tambak.

Apalagi saat ini tiga kementerian bersinergi, Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong dan mendukung para petani tambak, khususnya di Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Seperti pemakaian lahan oleh para petani tambak sudah tidak bermasalah. Permodalan dan pemasaran yang cepat serta teknologi yang mudah yang saat ini digunakan oleh para petani tambak Pokdakan Mina Mekar Sejahtera.

"Insya Alloh Tahun depan sudah ada bantuan tiga Eksavator untuk koperasi Pokdakan Mina Mekar sejahtera, agar mempercepat perluasan budidaya udang Vaname," tutupnya.  


Tag : No Tag

Berita Terkait