Loading

Musdesus Desa Sirnajati Tentukan Warga Penerima BLT DD Tahun 2022


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 831 kali


Kades Sirnajati memberikan arahan kepada peserta Musdesus penentuan BLT DD. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

CIBARUSAH, Medikomonline.com - BPD dan Pemerintah Desa Sirnajati Kecamatan Cibarusah mengadakan kegiatan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk menentukan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2022 bagi Penerima Keluarga Manfaat (PKM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Vila Malati Singasari Jonggol Bogor, pada Selasa (28/12/2021).

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaefi menegaskan, dirinya mengapresiasi kegiatan Musdesus penentuan BLT Tahun 2022 ini, yang diadakan oleh BPD dan Pemdes Sirnajati. Ya, karena Musdesus BLT ini, kan tahapan yang harus dan wajib ditempuh. Karena kegiatan ini dalam rangka penyampaian atau penyaluran dana desa untuk BLT. Nantinya akan ditetapkan siapa yang berhak menerima BLT, tentunya sesuai dengan ketentuan dan kriteria yang ditetapkan dalam peraturan yang berlaku.

Foto bersama Camat Cibarusah Muhamad Kurnaefi yang didampingi Kades, Sekdes dan BPD serta Babinsa Desa Sirnajati saat memberikan keterangan tentang Musdesus, kepada awak media, di Villa Malati Singasari Jonggol Bogor, pada Selasa (28/12/2021). (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

"Saya mohon kepada warga penerima BLT, untuk memanfaatkan bantuan tersebut, karena bantuan BLT itu tidak akan selamanya ada," harapnya.

Ia mengakui, yang pertama melaksanakan Musdesus BLT di Kecamatan Cibarusah, baru Desa Sirnajati, dan akan menjadi persyaratan ploting APBDes Tahun 2022. 

"Insya Alloh, saya dan pendamping akan berkoordinasi agar desa yang lain pun segera melakukan Musdesus BLT Tahun 2022," terangnya.

Kepala Desa Sirnajati H. Ridwan Sunarya menuturkan, kegiatan Musdesus untuk penentuan BLT DD ini, sekaligus untuk bersilaturahmi. Dan kepada RT dan RW dalam menentukan warga yang menerima BLT harus tepat sasaran.

"Mudah-mudahan bantuan dari pemerintah ini bisa bermanfaat," jelasnya.

Ketua BPD Desa Sirnajati Cecep mengatakan, penentuan PKM BLT DD tahun 2022 Desa Sirnajati ini harus benar-benar sesuai dengan persyaratannya agar tepat sasaran. Jangan sampai orang yang kaya dapat BLT. 

"Saya ingatkan kepada RT dan RW agar terus berkoordinasi baik dengan pemdes maupun dengan BPD saat menyeleksi warga penerima BLT DD, hingga penerimanya benar-benar memenuhi syarat," tandasnya.

Pendamping Lokal Desa (PLD) Sirnajati Ilham menjelaskan, berkaitan dengan Musdesus hari ini yaitu tentang bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa, diperaturannya yang pertama ada Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang pembagian persentase Dana Desa yaitu di tahun ini dana desa ada tiga prioritas, pertama BLT DD disekitaran 40 persen dari pagu anggaran, kedua ketahanan pangan 20 persen, dan ke tiga PPKM Mikro 8 persen dari pagu anggaran dan masih untuk penanggulangan penanganan virus korona. 

"Untuk penerima BLT berapa besarannya, belum ada pagunya dari menteri keuangan, kalau begitu, pagunya masih pagu tahun sebelumnya," pungkasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait