Loading

Musyawarah Desa Sukasejati Susun RKPDes Tahun Anggaran 2020


Penulis: Manah S/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1393 kali


Foto bersama Kades Sukasejati yang didampingi Kasi Pemerintahan Kecamatan, dan Sekdes serta BPD. (MANAH SUDARSIH/Medikomonline.com)

BEKASI, Medikomonline.com - Kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Desa Sukasejati, Kecamatan Cikarang Selatan dilaksanakan di aula desa, Minggu (13/10/2019). Musdes tersebut untuk menyusun Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2020.

 

Musdes pun diambil dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Desa (RPJMDes), kemudian dievaluasi atau dipilih mana yang telah dikerjakan dan mana yang belum.

 

Kepala Desa Sukasejati Engkos Koswara mengatakan, emang usulan yang telah direncanakan tidak bisa terealisasi semua, tapi akan dibangunkan secara bertahap. 

 

"Insya Alloh selama enam tahun bertugas, usulan dari warga yang telah disusun menurut skala prioritas bisa terkaper semua," tuturnya kepada Medikomonline.com, Minggu (13/10/2019).

 

Selain pembahasan Musdes, Engkos pun menghimbau kepada RT dan RW dan warga agar melakukan kegiatan kebersihan, untuk menghadapi musim penghujan. Sebab jika tidak dibersihkan dari sekarang, saluran-saluran air dan kali dari sampah, dikhawatirkan tersumbat yang mengakibatkan banjir.  

 

"Tolong diperhatikan, dan segera dikerjakan bersih-bersih di sekeliling lingkungannya," tandasnya.

 

Kasi Pemerintahan sebagai Tim Monitoring Musdes Kecamatan Cikarang Selatan Didi menegaskan, Musdes merupakan kegiatan yang dilakukan BPD dan Pemdes serta mengundang  warga untuk menetapkan usulan yang telah disusun di RPJMDes.

 

Kemudian usulan tersebut disusun menurut skala prioritas untuk rencana pembangunan di Tahun 2020 nanti. Yang terpenting pembangunannya dapat dirasakan manfaatnya oleh semua warga.

 

"Saya apresiasi kegiatan Musdes ini dapat dihadiri oleh semua elemen masyarakat, DPD, PLD, Bimaspol, tokoh perempuan, dan tokoh masyarakat dan agama," tegasnya.

 

PDP Kecamatan Cikarang Selatan H Heri menuturkan, Musdes itu penting untuk diketahui oleh semua warga, termasuk RT dan RW. Maka warga sengaja diundang, termasuk semua tokoh.

 

“Sebab Pemdes kan sudah mempunyai RPJMDES perencanaan untuk enam tahun. Di Musdes ini tinggal dievaluasi, mana yang telah dikerjakan dan belum. Kemudian dimusyawarahkan dan disusun berdasarkan skala prioritas, dan ditetapkan ke RKPDes rencana pembangunan satu tahun,” kata Heri. 

 

"Saya yakin dengan adanya kegiatan Musdes, kegiatan pembangunan di Desa Sukasejati jadi transparan dan terbuka," terangnya.

 

Ketua BPD Sukasejati Bakar Kartadinata menjelaskan, kegiatan Musdes yang dihadiri semua elemen masyarakat akan menjadi titik awal pembangunan di Desa Sukasejati. Apalagi apa yang direncanakan di Musdes dapat direalisasikan pembangunannya di tahun 2020 nanti. 

"Semoga apa yang kita rencanakan saat ini dapat segera disusun dan disesuaikan anggarannya," pungkasnya.  

Tag : No Tag

Berita Terkait