Loading

Optimalkan Tugas dan Fungsi BPD, F-BPD Bojongmangu Gelar Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD Tahun 2022


Penulis: Agus Nuryadin/Manah Sudarsih/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1639 kali


Foto bersama Ketua F-BPD, Ketua BPD lima Desa, Camat Bojongmangu, Kabid Bina Pemerintahan Desa, Ketua Forum Siskeudes, dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Bekasi dengan peserta Pe

BOGOR, Medikomonline.com - Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Kecamatan Bojongmangu menggelar kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD se Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi Tahun anggaran 2022, dengan tema "Optimalisasi Tugas, Fungsi, Hak, Kewajiban dan Kewenangan BPD dalam rangka Mendukung Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Yang Efektif, Efisien dan Akuntabel". 

Kegiatan tersebut yang dilaksanakan di The Green Peak Hotel dan Convention Cisarua Bogor 26-27 Juni 2022, pada Minggu (26/6/2022). 

Ketua F-BPD Kecamatan Bojongmangu Ondang Donal mengatakan, kegiatan pembinaan kapasitas bagi anggota BPD penting, guna menjalin kemitraan, membangun komunikasi, dan koordinasi dengan pemdes, dan lembaga lainnya menuju pembangunan di desa kedepannya menjadi lebih baik dan merata.

“Saya berharap kepada 48 anggota BPD se Kecamatan Bojongmangu terus bersinergi, jaga kemitraan dengan baik tanpa keluar dari regulasi dan peraturan yang berlaku sesuai dengan Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016,” papar Ketua F-BPD Bojongmangu kepada awak media, Minggu (26/6/2022).

Diakuinya, kegiatan ini merupakan program tahunan, agar semua anggota BPD semakin optimal tugas dan fungsinya untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa. 

Ketua F-BPD Kecamatan Bojongmangu yang didampingi Lima Ketua BPD Desa Sukamukti, Karangmulya, Karang Indah, Bojongmangu dan Desa Medalkrisna saat memberikan keterangan kepada awak media, pada Minggu (26/6/2022). (AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

"Hingga anggota BPD lebih meningkat dan memahami setiap ada perubahan regulasi, khususnya mengenai desa," tuturnya

Sementara itu Camat Bojongmangu Agung Suganda menegaskan, acara pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota BPD Kecamatan Bojongmangu merupakan kegiatan yang setiap tahunnya sering dilakukan. Tentunya untuk mereview atau mengupdate kembali tentang pemahaman tugas dan fungsi BPD terkait penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. 

"Hingga mereka anggota BPD jadi ingat kembali tugas-tugasnya, bagaimana bersama dengan kepala desa misalnya terkait penyerapan aspirasi masyarakat dan pengesahan RAPBDes," tandasnya.

Lanjut Agung, selama ini di tiap-tiap desa antara BPD dan Pemdes sangat kondusif, kerjasama yang cukup baik ketika ada program yang akan dilaksanakan selalu di musyawarahkan, kemudian di Perdeskan. Bahkan selama ini selalu terjalin komunikasi yang baik antara kepala desa dan BPD.

"Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua peserta Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD," tutupnya.

Perlu diketahui acara ini dihadiri 42 anggota dan 6 staf BPD. Dengan narasumber dari Dinas PMD yakni Kabid Bina Pemerintahan Desa H. Maman Firmansyah, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Bekasi R. Asep Saepudin, Ketua Forum Siskeudes Kabupaten Bekasi H. Aris Budiono dan perwakilan dari F-BPD Kabupaten Bekasi.







Tag : No Tag

Berita Terkait