Loading

Pembangunan Desa Karangmulya Berkelanjutan


Penulis: Manah S/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 2055 kali


Foto bersama Tim Monitoring Kecamatan Bojongmangu saat melihat langsung hasil pembangunan tahap satu yakni pembangunan Jaling di Kampung Cibuluh Desa Karangmulya. (FOTO:MANAH SUDARSIH/MEDIKOM)

BEKASI, Medikomonline.com - Pembangunan di Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi berkelanjutan dan terus dilakukan. Tentu saja pembangunan tersebut disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes). Anggaran pembangunan tahap satu untuk tahun 2019 ini telah di APBDes dan kegiatannya di Kampung Cibuluh, yakni pembangunan Jalan Lingkungan (Jaling).

Kepala Desa Karangmulya Jaka Suteja mengatakan, tentu saja pembangunan yang dilaksanakan disesuaikan dengan RPJMDes dan RKPDes. Sebab rencana pembangunannya telah melalui tahapan, dari Musdus, Musdes dan Musrenbangdes, yang diketahui dan diusulkan oleh warga.

Bahkan hasil pembangunan tahap satu ini di Monitoring oleh tim kecamatan. “Saya pun mengajak warga agar melihat dan mengawasi pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemdes,” kata Jaka Suteja kepada Medikomonline, Jum’at (12/7/2019).

Kasi Pemerintahan sebagai Ketua Tim Monitoring Kecamatan Bojongmangu menilai, pembangunan yang dilakukan oleh semua desa adalah bentuk pemerataan pembangunan dari pemerintah. Sehingga masyarakat harus terlibat, baik dalam pengusulan ataupun saat pelaksanaan pembangunannya. Begitu pun dengan tim monitoring yang terdiri dari Babinsa, Bimaspol, PLD, PDP dan BPD ikut melihat langsung hasil pembangunan.  

"Tentu saja saya yakin jika masyarakat ikut andil dalam pembangunan desa, akan terwujudnya pemerataan pembangunan di segala bidang," tandasnya.

Lanjutnya, kegiatan Monev di Desa Karangmulya dan Karang Indah khususnya, bisa menjadi pelajaran yang baik bagi pemdes setempat. Agar dalam melaksanakan kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik, harus dikerjakan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Bahkan hasil pembangunannya bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakatnya."Apalagi saat ini pengawasan terhadap anggaran yang dikucurkan pemerintah, semakin ketat,” tuturnya. 

Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Bojongmangu Ipan Pandu Nugraha berharap agar pembangunan ini dapat dimaksimalkan untuk menjaga amanah sehingga pembangunan desa akan semakin terlihat hasilnya. Bahkan menjadi asas manfaat bagi kemajuan di desanya

"Semoga apa yang direncanakan oleh pihak Desa Karang Mulya bisa dituntaskan dengan baik dan diberikan kelancaran serta kesuksesan," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait