Loading

Posyandu Nusaindah VII Desa Sukadami Siap Jadi yang Terbaik dan Bisa Motivasi Posyandu Lainnya


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 928 kali


Kepala Puskesmas Sukadami dan Ketua TP PKK Kecamatan Ciksel meninjau kegiatan Posyandu Nusaindah VII Desa Sukadami. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Posyandu Nusaindah VII Desa Sukadami yang mewakili posyandu lainnya di Kecamatan Cikarang Selatan dalam lomba posyandu tingkat Kabupaten Bekasi dan siap menjadi yang terbaik, sekaligus untuk memotivasi posyandu lainnya.

Camat Cikarang Selatan Agus Dahlan mengatakan, lomba posyandu ini diselenggarakan dan difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), di mana kemarin video tentang aktivitas di posyandu Nusaindah VII sudah dikrimkan ke panitia. Posyandu Nusaindah VII  Desa Sukadami Kecamatan Cikarang Selatan ini telah menjadi juara 1 pada saat lomba posyandu tingkat kecamatan, sehingga Posyandu Nusaindah VII di usulkan untuk mengikuti lomba posyandu tingkat kabupaten. 

"Saya berharap, yang pertama adalah semuanya menginginkan jadi yang terbaik dilomba posyandu tingkat kabupaten, yang kedua manakala jadi yang terbaik bisa memotivasi terhadap kegiatan-kegiatan Posyandu di desa yang lainnya," katanya kepada Medikomonline.com diruangannya, pada Senin (04/10/2021).

Bahkan ucapnya lagi, posyandu ini bisa lebih berperan aktif terutama di masa pandemi, baik menjadi sarana informasi bagi masyarakat sekitarnya, dan sebagai tempat untuk membantu program-program pemerintah contohnya program terkait dengan vaksinasi. Bisa memfasilitasi atau menjadi sarana pelaksanaan vaksinasi. Tentunya yang paling utama tetap dengan tugas pokok sebagai posyandu sebagai pusat kesehatan dasar yakni selain kesehatan juga untuk peningkatan gizi bagi balita dan ibu hamil.

"Apalagi Posyandu bisa menjadi sarana untuk mentransfer ilmu, melalui edukasi dengan kegiatan pelatihan-pelatihan dan Bintek terutama kepada anak-anak muda yang ada di sekitar posyandu," terangnya.

Agus juga berharap kepada para pelaku usaha yang ada di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan, agar ikut berperan aktif dan mendukung program-program posyandu melalui Coorperate Social Responsibitynya (CSR). Baik itu dalam pemenuhan sarana prasarananya atau di dalam mendukung program-programnya di posyandu itu sendiri. 

"Alhamdulillah posyandu Nusaindah VII sudah bekerjasama dengan forum anak dan rumah pintar Cikarang Selatan, bahkan  dengan perusahaan-perusahaan di kawasan industri EJIP, PT Yutaka dan PT Jotun yang membantu posyandu Nusaindah VII dalam membuat sarana prasarana permainan anak," tandasnya.

Terpisah Sekdes Sukadami Abeng Arif menegaskan, posyandu Nusaindah VII Desa Sukadami yang mewakili posyandu lainnya di Kecamatan Cikarang Selatan dalam lomba posyandu tingkat kabupaten. Kesempatan ini harus dijaga, bahkan dengan inovasi yang ada di posyandu tersebut harus benar-benar dimanfaatkan sebagai modal untuk meraih yang terbaik.

"Saya apresiasi terhadap semua pihak yang telah membantu posyandu Nusaindah VII untuk bisa mengikuti perlombaan ke tingkat kabupaten, semoga sukses," ujarnya.

Menurut Abeng Arif, Desa Sukadami memiliki 23 Posyandu, belum lama ini pemdes telah mentransfer dana bantuan dari provinsi Jawa Barat sebesar 1.750.000. rupiah ke masing-masing rekening posyandu dengan ketentuan aturan yang berlaku oleh Kades dan Kaur Keuangan desa dengan Standing Inscuktrion (SI).

"Kewajiban dari pemdes terhadap posyandu telah dilakukan tinggal kegiatannya," tuturnya.

Ketua Posyandu Nusaindah VII Sukadami Kun Kun Maryati menjelaskan, bahwa Posyandu Nusaindah VII merupakan posyandu ramah anak dan Posyandu berbudaya Lingkungan, sangat inovatif, kreatif dan mandiri menuju ke generasi sehat. 

Posyandu Nusaindah VII yang ramah anak ini dibina oleh Puskesmas Sukadami, yang berdiri sejak 14 April 2004, yang sekarang memiliki 12 orang kader dengan 15 program unggulan. Dengan melaksanakan kegiatan tribina Posyandu yang terdiri dari 130 anak balita, 151 anak remaja, 154 lansia di atas 50 sampai 60 tahun dan 18 Lansia di atas usia 60 tahun. 

"Perlu di pertimbangkan karena posyandu Nusaindah VII memiliki program lainnya seperti telah memiliki bang sampah, taman bacaan anak, PAUD berbudaya lingkungan dan rumah pintar inklusi, prestasinya juara paduan suara Posyandu tingkat desa, kader posyandu terpilih tingkat nasional dari Astra, dan rumah pintar juara harapan tingkat nasional," pungkasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait