Loading

Kasal Resmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pasirangin


Penulis: Soeft/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1105 kali


Kasal Laksamana TNI Yudo Margono SE MM meresmikan penggunaan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Komplek TNI AL Pasirangin.

BOGOR TIMUR, Medikomonline.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny Veronika Yudo Margono meresmikan penggunaan Rumah Sakit Darurat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Komplek TNI AL Pasirangin, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Yudo Margono mengatakan, penyebaran Covid-19 yang terus meningkat, membuat TNI AL berkomitmen ikut serta dalam penanggulangan penyebaran virus mematikan itu. Sehingga, Balai Kesehatan Pasirangin milik TNI AL dirubah menjadi Rumah Sakit Darurat Covid 19 (RSDC).

"Balai Kesehatan TNI AL Pasirangin ini dirubah menjadi rumah sakit darurat covid 19. Dengan harapan, dapat digunakan oleh segenap anggota TNI AL beserta keluarga dan masyarakat umum di sekekitar komplek," kata Kasal kepada wartawan, Selasa (21/7) kemarin.

Lanjut dia, rumah sakit itu dilengkapi alat kesehatan dan fasilitas pendukung untuk perawatan dan tempat isolasi pasien Covid-19. Memiliki 5 kamar dengan 18 tempat tidur, dilengkapi pula ruangan High Efficiency Particle (Hepa) Filter bertekanan negatif.

Rumah sakit yang dibangun tahun 2012, di atas lahan sekitar 2.500 meter persegi dengan luas bangunan 300 meter persegi telah memiliki Instalasi Pengolahan Air dan Limbah (Ipal), sudah standar seperti RS Wisma Atlit dan Pulau Galang. Dengan tenaga medis 37 personel dari Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) dan Diskes Lantamal III Jakarta.

"Rumah sakit ini dapat menangani pasien yang positif terpapar covid 19 ringan dan sedang sekaligus menjadi tempat isolasi bagi pasien," tandas Kasal.

Terpisah, Camat Cileungsi Zaenal Ashari merasa terbantu dengan hadirnya rumah sakit yang dapat menangani pasien terpapar covid 19. Dengan harapan, wilayahnya berubah dari zona merah menjadi zona hijau.

"Selain mengobati yang sakit, memutus mata rantai penyebaran covid 19 sangat penting. Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat cileungsi untuk mematuhi protokol kesehatan. Seperti sering mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker," pungkas Zaenal.

Tag : No Tag

Berita Terkait