Loading

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Bandung Minta Pemerintah Pusat Dorong Industri Oksigen Tingkatkan Produksi


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 519 kali


Wakil Wali Kota Yana Mulyana meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Vihara Tanda Bhakti, Bandung, Senin (5/7/2021). (Foto: Humas Bandung)

BANDUNG, Medikomonline.com - Ketersediaan tabung oksigen kian berkurang, seiring dengan meningkatnya kasus positif aktif Covid-19 di Kota Bandung.

Sebagai upaya mengatasi kekurangan tabung oksigen, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah meminta pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat untuk mendorong industri-industri oksigen agar meningkatkan kapasitas produksinya.

"Sekarang sudah benar. Sebetulnya dari 100 persen produksi ditingkatkan, 90 persen untuk medis. Saya lihat masyarakat panik saja, panic buying. Ada yang tiba-tiba beli tabung, padahal saat ini belum membutuhkan," kata Wakil Wali Kota Yana Mulyana usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Vihara Tanda Bhakti, Bandung, Senin (5/7/2021).

Di samping itu, Pemkot Bandung juga meminta fasilitas kesehatan (faskes) menggunakan tabung oksigen untuk pelayanan medis prioritas, seperti untuk pasien terinfeksi Covid-19 kategori berat.

"Sekali lagi, warga yang sebetulnya tidak bergejala jangan juga terlalu panik langsung ke fasilitas kesehatan. Itu yang mungkin membuat fasilitas kesehatan overload," ujarnya.

Ia mengakui, kasus Covid-19 di Kota Bandung masih tinggi. Bahkan tak sedikit tenaga kesehatan yang terpapar, sehingga sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (Faskes) mengurangi kapasitas pelayanan.

Akan tetapi, Pemkot Bandung telah meminta faskes tidak menutup layanan bagi masyarakat, khususnya pasien Covid-19. "Kita terus dorong pelayanannya (Faskes) jangan ditutup walaupun mungkin dikurangi," katanya.

"Termasuk di Puskesmas, kita minta klinik-klinik (pelayanan penyakit ringan), kita kurangi lagi, tapi untuk pelayanan Covid-19 kita terus tingkatkan," imbuhnya.

Di kesempatan itu, wakil wali kota kembali mengingatkan warga Kota Bandung untuk mengurangi mobilitas di luar rumah, termasuk bersepeda. Karena saat ini pemerintah sedang menerapkan PPKM Darurat hingga 20 Juli mendatang.

Kebijakan ini sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin melonjak. "Karena sekali lagi penyebaran Covid-19 itu terjadi karena mobilitas, transmisi antarmanusia. Kalau sekarang mobilitas berkurang, dengan inkubasi 14 hari, maka sampai tanggal 20 Juli harusnya rontok (berkurang kasus Covid-19)," tuturnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait