Loading

Pemkot Depok Bentuk Kampung Siaga Covid- 19 Berbasis RW


Penulis: Lucy/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 780 kali


Wali Kota Depok Mohammad Idris

DEPOK, Medikomonline.com - Sejak pertama diresmikan sebagai kebijakan pada 2 April 2020 lalu, pembentukan Kampung Siaga Covid-19 yang beroperasi di level RW sudah mencapai 97,6 persen wilayah seluruh Depok, atau 902 RW dari total 924 RW di Kota Depok. Demikian rilis yang dikeluarkan Pemkot Depok,  Sabtu (11/4/2020).

Dalam rilis tersebut, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebutkan, sejumlah kecamatan dengan cakupan Kampung Siaga Covid-19 sempurna alias seratus persen, antara lain Kecamatan Cimanggis, Tapos, Cipayung, Beji, Cinere, Limo, Sawangan, dan Bojongsari.

Ada pun Kecamatan yang belum tercakup sempurna oleh Kampung Siaga Covid-19 yakni Kecamatan Sukmajaya, Cilodong, dan Pancoranmas.

Dengan Kampung Siaga Covid-19 di tingkat RW, Pemkot Depok menilai efektif memperkuat solidaritas dan kesadaran warga mengenai pandemi Covid-19 di Depok.

Kampung Siaga Covid-19 juga dapat difungsikan untuk monitoring kasus terkonfirmasi positif, ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) Covid-19; serta menjadi penyalur bantuan logistik bagi warga yang menjalani karantina mandiri.

Setiap Kampung Siaga Covid-19 disebut akan menerima kucuran insentif Rp 3 juta.

Sementara itu pembentukan Kampung Siaga Covid-19 berbasis RW yang terdapat di 11 Kecamatan yang berada di seluruh Kota Depok tersebut berdasarkan panduan yang sudah ditentukan mengenai pembentukan kampung siaga Covid-19. 

Walikota berharap, dengan keberadaan Kampung Siaga Covid-19 nanti dapat mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 dan mempermudah upaya penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dan mempermudah koordinasi pembatasan pergerakan orang.

Mengenai bantuan logistik kepada warga yang sudah melakukan isolasi mandiri, pihak Pemerintah Kota Depok sudah melakukan koordinasi melalui Dinas Sosial Kota Depok, Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Kantor Kecamatan dan Kantor Kelurahan yang ada di seluruh Kota Depok yang sudah melakukan kerjasama.

“Jadi Kami sudah melakukan pendistribusian logistik, walau mungkin belum menyeluruh. Semoga dengan terbentuknya Kampung Siaga Covid-19 ini dapat secara cepat membantu pendistribusian logostik kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait