Loading

Update Corono Sumedang Jumlah ODR Turun


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 828 kali


Dr Aceng Solahudin, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang

SUMEDANG,Medikomonline.com - Perkembangan terbaru Corona di Sumedang per 12 April 2020 .Pasien yang dinyatakan positif Corona atau Covid -19 di Sumedang, masih belum berubah. Belum menujukan gejala sembuh, walaupun secara fisik cukup  besar. Situasi dan kondisi terkait penyebaran Covid-19 pada tanggal 12 April 2020 sampai dengan Pukul 16.00 WIB di Kabupaten Sumedang masih perlu lebih diwaspadai.

Adapun perkembangan lengkapnya adalah Positif COVID-19, Polymerase Chain Reaction (SWAB) positif  2 orang, Rapid Test Positif (Diduga Covid-19) 11 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 17 orang dari total 39 PDP yang 22 orang diantaranya telah pulang/selesai/sembuh. Orang Dalam Pemantauan (ODP)  163 orang dari total 718 ODP, di mana 555 orang diantaranya telah selesai menjalani masa pemantauan, Orang Dalam Risiko (ODR)  11.207 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 25 orang.

Demikian disampaikan oleh Dr Aceng Solahudin, Direktur Rumah Sakit  Umum Daerah (RSUD) Sumedang yang menjadi juru bicara Pemerintah Kabupaten Sumedang, Minggu (12/04/2020). “Ada perubahan cukup signifikan per 24 jam terakhir,dari data orang sehat Dalam Resiko (ODR) yakin ada penurunan sebayak 1.419orang,” ujur Aceng .

Penurunan jumlah ODR hampir terjadi di seluruh kecamatan,di mana penurunan yang signifikan ada di Kecamatan Buahdua, Cibugel, Darmaraja, Jatinunggal, Wado, Situjaya dan Sumedang Selatan.

Lebih lanjutnya Aceng menyampaikan, jumlah orang yang sudah melakukan Rapid Test  sebayak 1.496 orang, dan hasilnya hanya 17 orang saja yang positif. Namun demikian dari 17 tersebut 6 diantaranya sudah melakukan Swab Test, dan hasilnya negatif. ”Sehingga pasien yang diduga positif Corona -19 ada 11 orang. Mereka semuanya saat ini sedang diisolasi mandiri,” ujar Aceng.

PDP yaitu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam, ISPA serta pneumonia. ODP yaitu orang yang memiliki riwayat erjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam atau ISPA tanpa pneumonia.

ODR yaitu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19, tetapi tidak memiliki gejala apapun OTG yaitu orang yang tidak memiliki gejala, tetapi pernah kontak erat dengan orang yang positif Covid-19. ODR yang sebelumnya beristilah ODP Berisiko atas konsolidasi data para pemudik yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah (Camat dan Kepala Desa/Lurah), dalam hampir sepekan terakhir menunjukkan trend menurun. Hal ini tak lepas dari mulai selesainya masa karantina mandiri selama 14 hari, dan menurunnya jumlah warga yang mudik ke Sumedang.

Tag : No Tag

Berita Terkait