Loading

Bendungan Leuwikeris Jadi Pusat Peringatan Hari Air se-Dunia


Penulis: Herz/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1181 kali


Lima Kepala Daerah: Pemkab Ciamis, Pemkab Pangandaran, Pemkot Banjar, Pemkab Tasikmalaya, dan Pemkot Tasik serta Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy memperingati Hari Air Sedunia, Senin

CIAMIS, Medikomonline.com - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy menggelar acara Peringatan Hari Air Dunia ke-29 di Gardu Pandang Bendungan Leuwikeris, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (22/03/2021).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BBWS Citanduy Bambang Hidayah ME dan para kepala daerah yang masuk dalam pembangunan Bendungan Leuwikeris. Sebanyak lima daerah mencakup wilayah pembangunan, di antaranya Pemkab Ciamis, Pemkab Pangandaran, Pemkot Tasik, Pemkab Tasikmalaya, dan Pemkot Banjar.

Selain itu, turut dihadiri oleh para pimpinan instansi terkait, meliputi Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana SIK MSi, Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny SIK MH, Kapolres Tasikmalaya Kota, Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani SSos MAP, dan Dandim 0612/Tasikmalaya.

Kepala BBWS Citanduy Bambang Hidayah mengatakan, kegiatan Peringatan Hari Air Dunia ke-29 tahun 2021 di Bendungan Leuwikeris tersebut merupakan upaya bersama untuk meningkatkan perhatian publik pentingnya air bagi kehidupan. Selain itu juga pemanfaatan air secara berkelanjutan, bertanggungjawab dan kontribusi dengan cara menjaga alam.

"Kerusakan lingkungan akan berdampak pada kekurangan air dan akan menimbulkan reaksi balik dari alam. Apabila kita merusak alam, maka air akan susah dicari dan akan juga terjadi bencana alam banjir," kata Bambang.

Maka dari itu, kata Bambang, di moment ini pihaknya juga melakukan kegiatan penanaman pohon. Secara simbolis perwakilan daerah dan instansi menanam pohon.

"Di momen ini kita secara serentak di seluruh Indonesia melakukan kegiatan menanam bersama. Sebayak 61.000 pohon ditanam dalam acara peringatan Hari Air Dunia ke-29 tahun 2021," ucapnya.

"Pemerintah juga membangun bendungan sebagai sumber tampung air baku, pemerintah juga mengimbau untuk selalu melestarikan lingkungan agar air selalu melimpah," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana mewakili pimpinan daerah dan instansi lainnya yang hadir mengingtkan kembali masyarakat untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan. "Ayo kita selalu menerapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan. Kedisiplinan kita bersama menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci bersama memutus rantai penyebaran Covid-19," kata AKBP Hendria.

Tag : No Tag

Berita Terkait