Loading

Bupati Sumedang Tanam Sejuta Pohon di DAS Cimanuk - Citanduy dan Area Waduk Jatigede


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 965 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menanam pohon dalam kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Launcing Bibit Produktif di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menghadiri  penanaman pohon secara simbolis dalam kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS)  dan Launcing Bibit Produktif di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (18/11/2019).

 

Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir mengatakan, lebih dari sejuta pohon akan ditanam di area DAS Cimanuk-Citanduy dan sekitar  area Waduk Jatigede. “Ada benrapa jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan penanaman  sejuta pohon ini, seperti rambutan, glodogan tiang, damar, kencana, merbau, nyamplung gunung, pucuk merah, jambu air madu dan pohon  nangka, ujurnya.

 

Pencanangan Gerakan Pemulihan DAS dan Launching  Bibit Produktif tahun 2019 dipusatkan di lapangan Sukaratu Kecamatan Darmaraja. Kegiatan tersebut, sambung Bupati Sumedang, diinisiasi oleh Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Hutan  dan Lingkungan (BPDASHL) Cimanuk Citanduy.

 

Kegiatan Gerakan Nasional DAS dan Penyerahan Bibit Produktif dicanangkan Wakil Gubernur Jawa Barat diwakili Kadishut Provinsi Jawa Barat yang ditandai dengan penanaman 1 juta bibit pohon produktif yang akan ditanam di kawasan Jatigede.

 

Gerakan Nasional DAS merupakan peleburan dari Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2019 yang bertujuan untuk menumbuhkan spirit, motivasi dan modal sosial secara kolektif dari seluruh warga Jawa  Barat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan tanaman produktif yang memiliki fungsi ekonomi dan perbaikan lingkungan hidup.

 

Tujuannya, dapat menutupi lahan untuk mencegah bencana banjir dan tanah longsor. Penanaman itu juga bertujuan sebagai konservasi  keanekaragaman hayati yang ada.


Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Dirjen PDASHL Kementerian LHK tentang pemanfaatan bibit dari persemaian permanen BPDASHL Cimanuk Citanduy dan surat perjanjian kerjasama antara Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang.

Tag : No Tag

Berita Terkait