Loading

Kabupaten Bogor dan Kota Depok Sepakat Menanggulangi Banjir Lintas Kota/Kabupaten


Penulis: Edison-Irvan/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 840 kali


Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin dan Sekda Kota Depok Hardiono

CIBINONG, Medikomonline.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Bogor di Ruang Rapat IX Setda Kabupaten Bogor, Kamis (22/10/2020). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin.

Dalam sambutannya Hardiono menyampaikan mengenai penanggulangan banjir lintas kota/kabupaten yang ada di hilir dan mencoba mendiskusikan dengan Pemkab Bogor untuk mencari solusi yang terbaik dalam mengurangi banjir.

Sementara itu Burhanudin menjelaskan, salah satu penyebab terjadinya banjir yang terus terulang setiap tahunnya, dikarenakan meluapnya Sungai Ciliwung di kala hujan besar di bagian hulu.

Sebenarnya Pemkab Bogor telah melakukan revitalisasi situ yang ada di Kabupaten Bogor guna menampung aliran air dari Sungai Ciliwung tersebut, akan tetapi hal itu belum bisa menanggulangi banjir.

"Selain itu permasalahan sampah sepanjang jalur Sungai Ciliwung menambah akutnya banjir," jelasnya.

Lanjut Burhan, Pemerintah Kabupaten Bogor telah berkirim surat kepada Presiden terkait usulan penanganan normalisasi Sungai Ciliwung untuk mencegah banjir. Usulan ini juga disupport oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala BNPB Doni Monardo, karena Sungai Ciliwung melewati beberapa daerah maka perlu campur tangan pemerintah Pusat baik dari segi anggaran dan support lainnya.

Baik Burhanudin maupun Hardiono, sepakat untuk bersama-sama menanggulangi banjir dengan menyusun rencana MoU. Selain itu juga akan bekerjasama dengan Divisi 1 Kostrad Cilodong, untuk menormalisasi aliran sungai dari mulai perbatasan Kabupaten Bogor sampai dengan wilayah Kota Depok.

Tag : No Tag

Berita Terkait