Loading

Pemkab Ciamis Terima Audiensi FKP DAS, Bahas Pengelolaan Daerah Aliran Sungai


Penulis: Herz/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 806 kali


Unsur pejabat tinggi Ciamis bahas daerah aliran sungai

CIAMIS, Medikomonline.com -   Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis menerima audiensi dari Forum Komunikasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKP DAS) di Opproom Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Rabu (17/2/2021).

Audiensi tersebut diterima langsung oleh Asisten Ekonomi Pembangunan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Hadir pula Kepala BBWS Citanduy dan Kepala SKPD terkait lingkup pemerintah Kabupaten Ciamis.

Audiensi tersebut membahas terkait pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di lingkup Kabupaten Ciamis. Disampaikan pula program dan rencana aksi yang akan dilakukan FKP DAS Perwakilan di Ciamis.

Ketua FKP DAS Perwakilan Ciamis Joni Raula mengatakan, audiensi dengan Pemkab Ciamis dilakukan dalam rangka pengenalan organisasi. Selain itu juga disampaikan program FKP DAS sebagai upaya membangung sinergitas dengan instansi pemerintah daerah setempat.

Ia juga membahas terkait rencana aksi yang akan dilakukan FKP DAS Perwakilan Kabupaten Ciamis di Tahun 2021. "Kita melakukan audiensi untuk membangun penguatan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi dengan pemerintah daerah, " katanya.

Ia juga menyampaikan terkait konsep Model DAS Mikro berbasis desa. Model tersebut merupakan pengelolaan DAS berbasis tata ruang desa dengan pemberdayaan masyarakat untuk identifikasinya. Selain itu, model ini juga digunakan untuk merencanakan dan mengelola SDM dan SDA di wilayah Desa.

"Desa tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan. Melainkan ditempatkan menjadi subjek dan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat, " urai Joni.

Sementara itu, Asda Ekonomi Pembangunan Toto Marwoto mengungkapkan, program FKP DAS sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Ciamis. Khususnya pada misi ke-4, yaitu terpeliharanya kelestarian dan fungsi lingkungan hidup serta sumber daya alam sebagai penyangga kehidupan. "Program yang diterapkan FKP DAS sangat sejalan dengan misi Kabupaten Ciamis ke-4 terkait pemeliharaan sumber daya alam, " ujarnya.

Pun disampaikan Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar. Piihaknya telah menyiapkan kegiatan di tahun anggaran 2020-2021 yang berupaya mempertahankan dan pemeliharaan DAS. Kegiatan tersebut dikemas dalam kajian terkait Gunung Sawal.

"Kami telah melakukan penelitian dengan Gunung Sawal. Ada beberapa yang telah tersampaikan salah satunya tentang penurunan sumber daya airnya, " jelas Taufik Gumelar.

Dari hasil kajian yang dilakukan, masih banyak tata kelola Gunung Sawal yang kurang pas. Sehingga perlunya kerjasama dengan FKP DAS sebagai fungsi konservasi dan aktivitas ekonomi. Kaitannya dengan DAS, perlu juga diperhatikan pengelolaan sampah. Beberapa permasalah TPA di Ciamis  juga diperlukan perhatian lebih.

"Kami telah melakukan pemilahan sampah dalam pengelolaannya di TPA. alhamdulilah Ciamis mendapat penghargaan sebagai penerima Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik," terangnya.

"Kami sangat terbantu dengan bapak ibu dari FKP DAS, khususnya dalam mencapai visi misi bupati kedepan," tambah Taufik.

Tag : No Tag

Berita Terkait