Loading

Pengolahan Limbah Tidak Ada, PT Sugih Instrumendo Abadi Tetap Berjalan


Penulis: Fredy Hutasoit/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1413 kali


Galian lubang yang disebut untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah PT Sugih Instrumendo Abadi. (Foto: Medikomonline)

BANDUNG BARAT, Medikomonline.com - PT Sugih Instrumendo Abadi, pabrik yang memproduksi anti septic hand rub di Tembokan No 1 Cipeundeuy Padalarang sampai saat ini belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan ijinnya.

Melalui salah seorang perwakilan dari perusahaan PT Sugih yang bernama Ilham ketika ditemui wartawan di kawasan pabrik hand rub, Senin (20/04/2020) menjelaskan, “Benar saat ini kami sedang membuat pengolahan Ipal.”

Menurut Ilham, pihaknya sudah menyerahkan segala sesuatunya kepada pihak konsultan dan termasuk perijinannya. ”Saat ini sesuai arahan dari Satgas Citarum Harum, kami sudah membuatkan pengolahan limbah dan saat ini sudah hampir satu bulan dan sudah mau selesai,” imbuh Ilham.

Ilham yang diminta wartawan untuk dapat menujukkan proses pembuatan pengolahan limbah yang terlihat hanya galian lubang berukuran 1x2 meter dan tidak sedang dalam pengerjaan atau ada yang mengerjakan. Tidak jelas yang dimaksud untuk Ipal atau hal lain.

Ilham mengakui, ”Sebelumnya perusahaan kami tidak memakai sistem pengolahan Ipal karena pabrik tidak  menghasikan limbah. Memang ada, akan tetapi hanya sedikit,” jelas Ilham.

Tag : No Tag

Berita Terkait