Loading

Affiati Akhirnya Terjungkal dari Kursi Ketua DPRD Kota Cirebon


Penulis: Hafidz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 1147 kali


Kantor DPRD Kota Cirebon

CIREBON, Medikomonline.com - Drama politik terkait perebutan jabatan Ketua DPRD Kota Cirebon akhirnya mencapai klimaksnya. Melalui surat keputusan dari Gubernur Jawa Barat telah menerbitkan  Surat Keputusan (SK) No.170/Kep. 273-Pmksm/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur  Jawa Barat 170/Kep. 754-Ppmksm/2019 tentang Peresmian Pengangkatan  Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Cirebon Masa Jabatan  Tahun 2019-2024.

Keputusan  tersebut berdasar atas Keputusan DPRD Kota Cirebon No. 171.3/Kep.DPRD-1/2022. Tentang Usulan Pemberhentian Affiati dari Ketua DPRD Kota Cirebon  Masa Jabatan 2019-2024, Keputusan DPRD Kota Cirebon tentang Pengusulan Pengangkatan Calon Pengganti Ketua DPRD Kota Cirebon Masa Jabatan  2019-2022.

"Selain berdasarkan dari kedua keputusan tersebut, lengsernya saudara Affiati dari ketua DPRD Kota Cirebon berdasarkan atas SK Walikota Cirebon  No.P170/207-Pem tertanggal 15 Februari hal menyampaikan Usulan pemberhentian Ketua DPRD Kota Cirebon  dan Pengangkatan Calon  Pengganti  Ketua DPRD Kota Cirebon. Dalam SK tersebut Ketua DPRD Kota Cirebon dijabat oleh Ruri Tri Lesmana untuk menggantikan Affiati," ungkap salah seorang politisi Gerindra kepada Medikomonline di kediamannya, Kamis (28-7-2022) sore.

Ia lebih lanjut menjelaskan, untuk jabatan Wakil Ketua adalah Fitria Pamungkaswati dan Wakil Ketua M Handarujati Kallamullah. Penetapan SK ini secara resmi telah ditandatangani Gubernur Jabar M Ridwan Kamil pada 6 Juni 2022 silam.

"Sebenarnya ini hal biasa dari dinamika politik tidak perlu dibesar-besarkan. Secara pribadi kami tidak memiliki kepentingan tertentu dalam pergantian pucuk pimpinan DPRD Kota Cirebon dan tentu berterima kasih kepada ibu Affiati yang telah memberikan kontribusi positif di lembaga ini serta legowo menerima keputusan tersebut," tambahnya.

Sementara itu saat Medikom menyambangi kediaman pribadi Affiati di bilangan Jalan Evakuasi Kota Cirebon untuk meminta tanggapannya terkait hal ini, Medikom belum menerima jawaban pasalnya ia tidak ada di tempat.

"Ibu Affiati sedang ke luar pak, coba buat janji dulu dengan beliau supaya tidak bolak-balik," ujar salah seorang Satpam perumahan tersebut. 

Tag : No Tag

Berita Terkait