Loading

DPRD Jabar Berharap Balai Pengembangan Benih Hortikultura Jadi Objek Agrowisata


Penulis: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1662 kali


Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari meninjau tanaman hias di Balai Pengembangan Benih Hortikultura dan Aneka Tanaman Pasir Banteng. (Foto: Humas Dewan)

BANDUNG, Medikomonline.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari berharap keberadaan Balai Pengembangan Benih Hortikultura dan Aneka Tanaman Pasir Banteng yang berada di Kabupaten Sumedng ke depan dapat dimanfaatkan menjadi salah satu objek agrowisata unggulan Jawa Barat.

Harapan tersebut disampaikan Ineu usai melakukan kunjungan kerja bersama Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat di UPTD Balai Pengembangan Benih Hortikultura dan Aneka Tanaman (BPBHAT), Pasir Banteng, Selasa (11/8/2020). UPTD BPBHAT ini berada di bawah pengelolaan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikulturan Jawa Barat.

“Semua perlu perjuangan, saya berharap balai ini dapat menjadi agrowisata ke depannya dan memberikan kontribusi lebih ke Pemerintah Jawa Barat,” kata Ineu.

Ineu juga mendorong BPBHAT segera melakukan upaya pemulihan ekonomi. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian benih berkualitas kepada masyarakat terdampak Pandemi Covid-19. 


Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari (kedua dari kiri) dan Komisi II DPRD Jabar berfoto bersama dengan pejabat UPTD Balai Pengembangan Benih Hortikultura dan Aneka Tanaman Pasir Banteng. (Foto: Humas Dewan)


Hal senada diungkapkan Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Perwira. Menurutnya, 28 hektar kawasan di balai tersebut dapat dimanfaatkan lebih optimal. 

"Balai benih ini bisa menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah - red) sehingga selain menghasilkan benih berkualitas, balai ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi agrowisata," ucap Yunandar.

Lanjut Yunandar menjelaskan, berdasarkan data BPS, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang masih bisa bertahan meski digempur oleh Pandemi Covid-19.

Ia pun berharap, sektor pertanian diberikan perhatian lebih dalam segi anggaran. Semua yang terkait dengan sektor pertanian seharusnya mendapatkan anggaran yang lebih signifikan. 

"Dengan bangkitnya sektor petranian diharapkan ekonomi akan semakin cepat pulih," pungkas Yunandar. 

Tag : No Tag

Berita Terkait