Loading

Jadi Keluhan, Ruas Jalan Kadipaten-Jatibarang Macet Parah


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 767 kali


Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, Medikomonline.com - Jalan dari perempatan Kadipaten menuju bandara BIJB Kertajati macet parah. Ruas Jalan Kadipaten-Jatibarang ini beberapa waktu belakangan ini sempat jadi keluhan. Hal ini dikarenakan ada pekerjaan pengecoran jalan sepanjang 4 km. Masalahnya adalah butuh jalan alternatif sebagai solusi selama pembangunan berlangsung.

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady mengatakan, kemacetan di ruas Jalan Kadipaten-Jatibarang itu sulit dihindari. Hal ini berkaitan dengan posisi ruas jalan itu sendiri yang melintas di tepi saluran irigasi. Hal itu disampaikan Daddy kepada Medikomonline usai melakukan kunjungan lokasi pada Selasa (12/102021).  

"Agak sulit mencari alternatif. Akan tetapi kawan-kawan di lapangan tetap mencarikan alternatif solusinya," ujar Daddy.

Lebih lanjut, dewan dari daerah pemiliham Cirebon-Indramayu tersebut mengatakan, ruas jalan itu cukup padat. 

Komisi IV DPRD Jawa Barat meninjau ruas Jalan Kadipaten-Jatibarang. (Foto: Istimewa)

"Ruas jalan itu sanagat strategis karena merupakan salah satu jalur ke arah Bandara Kertajati dan ke Indramayu. Jadi, volume kendaraan yang melintas di sana cukup padat. Bisa dimaklumi kalau ketika ada pembangunan jalan seperti itu pasti kemacetannya pun cukup lumayan," lanjut Daddy.

Pembangunan ruas sepanjang 4 km itu terbagi menjadi tiga seksi. Pembangunannya secara keseluruhan diproyeksikan selesai pada 20 Desember 2021. Pekerjaan dilakukan 24 jam. Tapi ada faktor lain selain karena volume kendaraan, di salah satu sisi jalan ada saluran irigasi yang letaknya lebih tinggi dari jalan. Di beberapa titik saluran irigasi tersebut bocor.

“Namun, karena ruas ini merupakan salah satu bagian dari penunjang BIJB Kertajati, harus diselesaikan secepatnya. Memang Pemprov Jabar menggelontorkan banyak sekali uang dari APBD Provinsi untuk menunjang BIJB Kertajati,” ungkap Daddy, politisi Partai Gerindra ini.

Lanjutnya, kini nasib Bandara Kertajati malah tidak jelas. Semoga saja dengan banyaknya penunjang yang terselesaikan, Bandara Kertajati dapat segera difungsikan secara maksimal. 


Tag : No Tag

Berita Terkait