Loading

Komisi II Dorong Pemdaprov Jabar Tingkatkan Alokasi Anggaran Sektor Ekonomi


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 567 kali


Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat R. Yunadar Eka Perwira. (Foto : Allan K/Humas DPRD Jabar).

BANDUNG, Medikomonline.com - Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat R. Yunandar Eka Perwira mengatakan, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus mendorong anggaran pada sektor-sektor perekonomian agar roda perekonomian dapat kembali bergerak dan mendongkrak jumlah PAD.

Namun pada kenyataannya, saat ini jumlah alokasi anggaran pada sektor ekonomi mengalami penurunan sehingga hal tersebut berdampak pada target PAD yang masih rendah di bawah prediksi.

Yunandar pun mendorong Pemdaprov Jabar untuk dapat melakukan upaya peningkatan anggaran pada sektor ekonomi yang notabene merupakan mitra kerja Komisi II.

"Jangan terbalik kita melihat bahwa PAD menurun maka anggaran sektor perekonomian harus diturunkan, hal itu akan menyebabkan efek yang semakin menyebabkan PAD menurun, karena ekonomi tidak terdongkrak” ucap Yunadar di Gedung DPRD Jabar, Rabu (18/8/2021).

Lebih lanjut Yunandar mengatakan, saat ini kondisi ekonomi sedang mengalami kenaikan sehingga momentum ini harus menjadi optimisme bagi sektor ekonomi Pemdaprov Jabar untuk dapat lebih baik lagi.

“Artinya PAD minimal harus di set up menjadi sebuah target yang menyesuaikan dengan pertumbuhan ekonomi yang ada. (Semisal) 6,31% pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan 2 tahun 2021 atau prediksi nasional mencapi 5% dalam satu tahun , maka seharusnya itu susah sebuah optimisme bahwa kita sudah keluar dari resesi,” kata dewan dari Dapil Jabar I (Kota Bandung dan Cimahi).

Selain itu Yunandar menyebutkan, diperlukan suntikan insentif khususnya pada sektor-sektor yang memberikan PAD. “Dalam hal ini kita bicara pajak daerah, pemilik kendaraan bisa membayar pajak ketika mereka sebagai pelaku usaha sebagai tenaga kerja , itu bisa mendapat penghasilan ketika dunia usaha berputar,” ujarnya.

“Jadi kita harus memberikan insentif kepada dunia usaha, terkait pada program-program mitra Komisi II baik pada sektor pertanian melalui bantuan kepada kelompok tani UMKM , program digitalisasi, peternak,” tambah Yunandar dari Fraksi PDIP tersebut.

Tag : No Tag

Berita Terkait