Loading

Pengaruh Wabah Covid-19, Target RPJMD Jabar Tahun 2020 Tak Akan Tercapai


Penulis: IthinK/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 724 kali


Anggota DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady

BANDUNG, Medikomonline.comTarget Rencana Pembangunan Jangka Menangah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat tahun 2020 tidak akan tercapai akibat adanya wabah Covid-19.

Penilaian ini disampaikan Anggota DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady melalui telepeon selulernya kepada Medikomonline di Bandung, Kamis (16/04/2020).

Menurut Daddy, dengan adanya wabah Covid-19 maka akan terjadi pergeseran anggaran organisasi perangkat daerah Pemerintah Provinsin Jawa Barat.  “Pergeseran anggaran pasti besar pengaruhnya terhadap capaian target IKU (Indikator Kinerja Utama-red) maupun IK Dinas,” ungkap Anggota Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jabar ini.

Misalnya kata Daddy, dana untuk fasilitas lalu lintas (Faslalin) dikurangi, pasti akibatnya persentase faslalin akan seperti yang disasar semula. “Misalnya lagi, alokasi untuk Dinas BMPR dikurangi, besar kemungkinan angka kemantapan jalan kita tak akan tercapai,” kata Daddy yang berasal dari Daerah Pemilihan Cirebon dan Indramayu ini.

“Atau lagi, anggaran untuk penggarapan DI (Daerah Irigasi) tuntas dipangkas, pasti konjar (kondisi jaringan-red) kita tidak akan naik. Air tak akan terdistribusi dengan baik ke sawah-sawah,” jelasnya.

Akhirnya tambah Daddy, kemandirian pangan Jabar tak akan terwujud akibat intensitas tanam tidak naik. “Walhasil, jangankan meningkat, nilai tukar petani (NTP) tak akan naik. Maka, petani kita tambah susah,” ujarnya.

Daddy juga menjelaskan, akibat wabah Covid-19, target kinerja DPRD Jabar juga pasti dipengaruhi. Tupoksi dewan salah satunya pengawasan. Pengasawan yang dilakukan pasti tidak akan semaksimal ketika situasi normal atau tak ada wabah.

“Kami tidak leluasa lagi mengumpulkan masyarakat untuk mendapat informasi yang lengkap. Teleconference hanya bisa dilakukan dengan mereka yang pegang HP android. Lha di desa? Tidak atau belum semua punya. RW? Siapa yang berani jamin bahwa masih utuh semua HP yang dibagikan Pemprov? Kalau RW sudah ganti? Apalagi, dalam kondisi seperti ini,” urai Daddy.

Tag : No Tag

Berita Terkait