Loading

Tanam Pohon, Anggota DPRD Jabar Canangkan Kali Piket Jadi Percontohan


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 478 kali


Anggota DPRD Jawa Barat Faizal Hafan Farid melakukan penanaman pohon di sekitar Kali Piket, Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi. (Foto: Diskominfosantik Bekasi)

BEKASI, Medikomonline.com - Anggota DPRD Jawa Barat Faizal Hafan Farid melakukan penanaman pohon di sekitar Kali Piket, Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Senin (06/12/2021). Penanaman pohon ini dilakukan bersama Komunitas Peduli Lingkungan Angler Relawan Cikarang (ARC),

Faizal Hafan Farid mencanangkan program Kali Piket menjadi kali percontohan yang bisa dijaga dari limbah, baik dari pabrik ataupun rumah tangga. “Harapannya agar Kali Piket bisa menjadi contoh untuk aliran kali lalu menularkannya kepada masyarakat yang tinggal di tepi kali. Inisiasi inilah yang dilakukan oleh ARC dengan sangat baik dan luar biasa,” kata Faizal, dewan dari Dapil Jawa Barat IX (Kabupaten Bekasi).

 “Kegiatan tanam pohon ini sebagai bentuk kepedulian kami agar masyarakat juga ikut memelihara keasrian lingkungan serta menjaga aliran sungai tetap bersih dan terjaga dari pencemaran limbah industri,” kata Faizal.

Selain menanam pohon, Faisal bersama ARC juga mengadakan lomba memancing di Kali Piket. Uniknya, bukan ikan yang menjadi patokan untuk menentukan pemenangnya, tetapi pemancing yang mendapatkan terbanyak menjadi pemenang lomba. 

Anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Barat ini juga meminta agar dinas terkait dapat memfasilitasi kegiatan dan menginsiasi masyarakat agar lebih peduli lingkungan. Selain itu juga, peran pemerintah baik fungsi pengawasan dan pemberian sanksi terhadap oknum atau perusahaan yang melakukan pencemaran limbah ke daerah aliran sungai yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan untuk mendorong lingkungan yang bersih serta aliran sungai bebas dari pencemaran limbah,” tambahnya.

Koordinator ARC Yahya Komeng mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu cara memelihara kali piket dari segala macam limbah. Apalagi, di kali tersebut juga terdapat berbagai jenis ikan local seperti Ikan Baung, Gabus, Betrik dan lainnya.

“Karena di aliran kali ini terdapat beberapa jenis ikan lokal yang kita sangat jaga keberlangsungannya, di antaranya adalah ikan lokal yang sangat kaya akan kandungan omega 3 setara Ikan Salmon yaitu Ikan Baung,” tambahnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait