Loading

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Tinjau Lokasi Banjir Bandang Gunung Mas Bogor


Penulis: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 686 kali


Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru’yat (kanan) meninjau lokasi bencana banjir bandang Gunung Mas, Kabupaten Bogor. (Foto: Hms DPRD Jabar)

BOGOR, Medikomonline.com – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ru’yat meninjau langsung lokasi bencana banjir bandang Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (20/01/2021).

Selain Ru’yat, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Bupati Bogor Ade Munawaroh juga meninjau lokasi banjir bandang.

Dalam tinjauannya tersebut Ru’yat memastikan bantuan dari Jawa Barat telah tiba di lokasi bencana. “Saya sudah koordinasi, dan bantuan sudah tiba, truk dengan logistik yang diperlukan,” ujar Ru’yat.

Menurutnya, para pengungsi yang sudah ditempatkan di guest house PTPN VIII agar dilayani dengan sebaik-baiknya dan evaluasi kepada direksi PTPN VIII tentang management lahan seluad 1.000 hektar tersebut agar diperbanyak tanaman-tanaman keras.

“Ini musibah yang sangat memprihatinkan. Kami dari DPRD Jawa Barat berharap kepada pihak berwenang untuk melakukan investigasi kenapa di aliran hulu puncak itu terjadi banjir bandang,” kata Ru’yat.

Dirinya menilai, investigasi tersebut sifatnya sangat penting,  walaupun dirinya telah mendengar penjelasan Dirut PTPN VIII bahwa penyebab banjir bandang dikarenanakan hujan yang terus menerus.

“Tetapi di satu sisi perlu ada evaluasi agar peristiwa ini tidak terulang kembali,” pungkas Ru’yat.

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suherman memastikan bantuan Jawa Barat fokus kepada dapur umum dengan kapasitas 600 masakan sekali masak.

“Secara teknis tentunya akan kita serahkan kepada pemda setempat karena Dinsos setempat yang lebih tahu harus ke mana distribusinya,” jelas Dodo.

Tag : No Tag

Berita Terkait