Loading

Warga Empat Desa Korban Erupsi Sinabung Beraudiensi ke DPRD Karo


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 895 kali


Pengungsi dari warga empat desa korban erupsi Gunung Sinabung beraudiensi ke DPRD Karo di Kabanjahe.

KABANJAHE, Medikomonline.com – Pengungsi dari warga empat desa korban erupsi Gunung Sinabung beraudiensi ke DPRD Karo di Kabanjahe, Rabu (10/7/2019). Para pengungsi diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karo Effendy Sinukaban beserta anggota Onasis Sitepu, Lusi Suka Tendel dan Ramli Sitepu.

Para pengungsi ini menyampaikan, sebanyak 1.638 kepala keluarga (KK) pengungsi mandiri tahap ll dari Desa Gamber, Kuta Tonggal, Gururkinayan dan Beras Tepu, masih ada 146 KK lagi yang belum menerima sewa rumah. Ke 146 KK ini berasal dari warga Beras Tepu 96 KK, 26 KK Gururkinayan, 20 KK Gamber dan 4 KK Kuta Tonggal.

”Yang menjadi tuntutan para pengungsi adalah sewa rumah. Mereka belum terima, sementara warga yang lain sudah menerima. Yang kedua, kapan dijadwalkan rapat seperti yang sudah dijanjikan kepada kami? ” ujar salah satu perwakilan pengungsi yang bernama Eli br Sitepu  dari Desa Berastepu. 

Eli mengatakan, para pengungsi mempertanyakan kepastian apakah mereka bisa menerima sewa rumah mereka karena mereka sudah masuk dalam daftar penerima bantuan sewa rumah tersebut.
Menanggapi pertanyaan pengungsi, Effendi Sinukaban bersama anggota DPRD Karo melaksanakan rapat dengan perwakilan pengungsi. “Tim anggaran Kabupaten dan Tim Anggaran DPRD  Karo dijadwalkan  rapat, akan di usahakan dalam bulan ini. Berhubung karena ada rapat tiga pansus yang  harus diselesaikan dalam  bulan ini,” ujar Efendi.

Atas respons DPRD Karo, perwakilan pengungsi  mengatakan sangat  berterima kasih  kepada anggota dewan. Mereka meminta supaya DPRD Karo terus mendesak Pemerintah Kabupaten Karo, khusus BPBD yang membidangi penanggulangan bencana agar berupaya untuk merealisasikan tuntutan mereka.

Tag : No Tag

Berita Terkait