Loading

Anggota DPRD Bersama Bupati Sumedang Salurkan BLT Non DTKS


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 925 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyerahkan Bantuan Langsung Tunai sebesar Rp500.000 per penerima kepada warga terdampak Covid-19.

SUMEDANG, Medikomonline.com – Jajaran Anggota DPRD dan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, mulai menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga terdampak Covid-19 non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang.

Hadir pada penyaluran bantuan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Sumedang Asep Roni Hidayat, Tita Karlita, Willy Jordan Sumardi, Didi Suhrowardi.

Penyerahan bantuan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp500.000,- per penerima ini, secara simbolis diberikan oleh Bupati kepada lima orang warga terdampak Covid-19 yang ada di wilayah Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, Selasa (28/4/2020)

Menurut Dony, bantuan BLT tahap pertama yang bersumber dari APBD Kabupaten Sumedang bagi warga yang terdampak Covid-19.

Pada tahap pertama ini, sasarannya akan disalurkan kepada 15.000 KK warga terdampak Covid-19 yang non DTKS di Kabupaten Sumedang.

“Sengaja disalurkan lebih cepat, mengingat saat ini sudah benar-benar sudah ditunggu oleh masyarakat Sumedang,” ujarnya.

Sementara untuk bantuan non DTKS yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat, Kememsos, dan Dana Desa, sambung Dony, sampai saat ini masih dikoordinasikan. Besar harapan, bantuan-bantuan tersebut, bisa secepatnya terealisasikan, sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat.

Adapun pengajuan bantuan untuk warga terdampak Covid-19 non DTKS di wilayah Kabupaten Sumedang yang sudah selesai diverifikasi dan divalidasi. Jumlah keseluruhnya mencapai 101 ribu KK.

“Ratusan ribu warga terdampak ini, nantinya akan diberikan bantuan dari beberapa sumber anggaran, salah satunya dari Kemensos, Pemprov, Pemkab dan Desa. Nah untuk mengawalinya, kami dari kabupaten sudah mulai menyalurkannya untuk 15 ribu KK yang bersumber dari APBD Kabupaten,” tuturnya.

Untuk itu, bagi warga terdampak yang belum mendapatkan bantuan, mohon bersabar karena nanti juga semua warga yang telah diajukan itu pasti akan mendapatkan bantuan.

“Penyaluran bantuan ini dilakukan secara bertahap, jadi saya mohon agar masyarakat bersabar,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sumedang Asep Roni Hidayat mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Pemkab Sumedang, yang sudah menyalurkan bantuan terhadap warga terdampak Covid-19 ini.

“Selain itu, kita juga mengapresiasi karena besaran bantuan yang diberikan juga sama dengan dari Provinsi. Awalnya kan informasinya nominal bantuannya 200 ribu per penerima. Tapi tadi Alhamdulillah yang diberikan nominalnya 500 ribu,” ucapnya.

Pihaknya berharap, sambung Asep, agar data yang saat ini simpang siur diterima oleh masyarakat. Jadi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten bisa menjamin semua masyarakat yang masuk pendataan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Tadi kata pa Bupati, penyaluran bantuan dilakukan secara bertahap. Mudah-mudahan ke depan penyalurannya bisa merata dan dapat diterima oleh masyarakat sumedang yang saat terdampak Covid-19 ini,” tandasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait