Loading

Berintegritas Tinggi, Kasatpol Pamong Praja Jabar Ade Afriandi Terima Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP


Penulis: IthinK
3 Tahun lalu, Dibaca : 1155 kali


Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Barat Drs M Ade Afriandi MT menerima penghargaan “Karya Bhakti Satpol PP” dari Kementerian Dalam Negeri. (Foto: Dok/Ist)

BANDUNG, Medikomonline.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Barat (Jabar) Drs M Ade Afriandi MT menerima penghargaan “Karya Bhakti Satpol PP” dari Kementerian Dalam Negeri (Kemandagri)” dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-71 dan Satuan Lindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-59 tahun 2021 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Berdasarkan penilaian dari Kemendagri, Kepala Satpol PP Jabar  Ade Afriandi dinilai mempunyai komitmen dan integritas tinggi dalam meningkatkan peran Satpol PP dalam upaya membantu kelancaran pemerintah daerah dan penanganan Covid-19.

Selain diberikan kepada Kepala Satpol PP Jabar, Penghargaan “Karya Bhakti Satpol PP” juga diberikan Kemendagri kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Peringatan HUT Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59 ini dipimpinan  langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang dilakukan secara sederhana dan sangat terbatas.


Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Barat Drs M Ade Afriandi MT (kanan) menerima penghargaan “Karya Bhakti Satpol PP” dari Kementerian Dalam Negeri. (Foto: Dok/Ist)  

Mendagri Tito Karnavian meminta kepada seluruh personil Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Indonesia untuk  memperhatikan masalah kualitas. “Jangan berhenti untuk berlatih, baik berlatih tentang hal-hal attitude yang dasar seperti masalah sikap, penampilan yang bagus dan rapi, memiliki kemampuan profesional yang baik, tidak kasar seperti yang viral-viral itu," kata Tito.

Terkait amanat Mendagri tersebut, Ade Afriandi mengatakan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dipercaya oleh pimpinan untuk memimpin Satpol PP Jabar, tentunya mempunyai kewajiban untuk memperbaikan kualitas SDM Satpol PP Jabar dan merubah stigma masyarakat bahwa Tribum-Razia-PKL dan stigma Ada drum ada Linmas.

Stigma negatif ini, tegas Ade, ke depannya harus dieliminir bahkan dihapuskan. Memang, merubah  stigma negatif Tribum-Razia-PKL dan Ada drum ada Linmas, tentunya tidak segampang membalikan telapak tangan, perlu kerja keras dan penuh perjuangan.

Secara bertahap tapi pasti, kata mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar ini, kini perubahan sudah tampak di lingkungan Satpol PP Jabar. “Hal ini beberapa kali, saya dan  personil Satpol PP Jabar turun ke lapangan, sambutan masyarakat sudah mulai kelihatan bersahabat dan tidak ada rasa khawatir, takut digusur,” ungkap Ade.


Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Barat Drs M Ade Afriandi MT menerima penghargaan “Karya Bhakti Satpol PP” dari Kementerian Dalam Negeri. (Foto: Dok/Ist)

“Kita ingin, kehadiran dan keberadaan Satpol PP di tengah masyarakat dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat, memberikan rasa aman, nyaman dan tenteram di hati dan pikiran masyarakat,” tegasnya.

Perubahan sikap dan perilaku Satpol PP Jabar ini, tambah Ade, sudah sesuai dengan amanat Kemendagri untuk menjadikan Satpol PP dan Satlinmas yang lebih profesional, berintegritas, dan tetap melayani sepenuh hati.

“Satpol PP dan Satlinmas, selain menjadi mitra aparat keamanan dan mengemban fungsi pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah, juga memiliki peranan untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Oleh karenanya, Mendagri juga menekankan agar pengetahuan dan kemampuan khusus perlu dikembangkan untuk mewujudkan organisasi yang berkualitas dan dipercayai publik,” ujar Ade menirukan ucapan Kemandagri. 

Tag : No Tag

Berita Terkait