Loading

Bupati Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Pusat


Piping s/Jur /Editor : Edie N Sitepu
3 Tahun lalu, Dibaca : 815 kali


Sebanyak 361 unit Alsintan Bantuan Pusat yang dibagikan untuk 361 Kelompok Tani di 162 Desa pada 26 Kecamatan di Kab. Majalengka.

MAJALENGKA, Medikomonline-

 

Dalam rangka Meningkatkan peran pertanian  pemerintah memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian, dalam hal ini Kementerian Pertanian. Bantuan akan diserahkan kepada Kelompok Tani di Kab.Majalengka melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kab.Majalengka. Penyerahan Bantuan tersebut secara simbolis oleh Bupati Majalengka, bertempat di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Rabu (16/12/2020).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR- RI Dr H Sutrisno SE MSi, Sekda, Kepala DKP3 beserta jajarannya dan penerima bantuan.

 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Ir Iman Firmansyah MM, menyampaikan bahwa bantuan kali ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian RI tahun Anggaran 2020 memberikan bantuan Alat Mesin (Alsintan) Pertanian kepada Pemkab Majalengka melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, adapun tujuannya yakni untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan penggunaan Alsintan tersebut dapat mempersingkat waktu pengolahan tanah, mempercepat penanaman serta dapat mempercepat waktu tanam dan juga panen. 

 

Lebih lanjut Kepala DKP3 mengatakan adapun penerima bantuan tersebut ditujukan kepada Kelompok Tani dengan simbolis akan diberikan kepada perwakilan sebanyak 26 orang dari 26 Kecamatan se-Kab.Majalengka. Bantuan Alsintan Tahun Anggaran 2020 dari Kementerian Pertanian RI yang diberikan kepada Pemkab Majalengka total sebanyak 361 unit yang dibagikan untuk 361 Kelompok Tani di 162 Desa pada 26 Kecamatan yang terdiri dari sembilan (9) jenis Alsintan dengan perincian sebagai berikut, Traktor Roda empat sebanyak 6 unit, Combine Harvester sebanyak 12 unit, Traktor Roda dua sebanyak 56 unit, Rice Transplanter sebanyak 5 unit, Pompa Air sebanyak 87 unit, Cultivator sebanyak 34 unit, Power Thresher sebanyak 69 unit, Corn Sheller sebanyak 43 unit dan Hand Sprayer sebanyak 49 unit. 

 

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd mengucapkan rasa syukur dengan adanya pemberian Alsintan dari Kementerian Pertanian RI untuk Pemkab Majalengka. Bantuan ini dibangun dengan cara kelompok membuat proposal sampai ke Dinas DKP3 kemudian diusulkan ke Kementerian dan ada juga yang dibantu oleh DPR-RI, bantuan ini bertujuan untuk membantu para petani guna meningkatkan produktivitas pertanian meskipun dalam situasi Pandemi Covid-19 ini masyarakat agar tidak berkurang spiritnya dalam mengolah pertanian. Oleh karena itu dalam menyikapi hal tersebut maka Pemerintah selalu terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat khusunya para petani agar para petani semakin produktif dalam mengolah pertanian, selain itu para petani dituntut agar bisa melakukan diversifikasi penganekaragaman tanaman diberbagai tempat supaya hasil produksi pangan menjadi beranekaragam.

 

Bupati menambahkan, mengenai bantuan Alsintan ini merupakan hasil dari kerja keras dan kerjasama kita bersama secara kelompok dan mesin ini tidak dimiliki oleh perseorangan akan tetapi milik kelompok untuk itu mohon untuk dirawat, dipelihara dan juga di jaga dengan baik alat ini serta manfaatkan alat ini semaksimal mungkin dan jangan sampai hilang. Meskipun Pemkab Majalengka telah mendapatkan bantuan Alsintan dari Pemerintah kali ini, namun kami akan terus berupaya mengusulkan dan juga meminta bantuan kepada Anggota Komisi IV DPR-RI agar bantuan sebanyak-banyaknya diberikan ke Kab.Majalengka karena rakyat masih banyak membutuhkan itu. 

 

"Syukuri dan manfaatkan Alsintan ini dengan efektif dan efisien,  mudah-mudahan outputnya bisa meningkatkan hasil pertanian dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani," pungkas Bupati. (Ping/jur)

Tag : No Tag

Berita Terkait