Loading

Camat Ciksel Monev Pembangunan di Tujuh Desa


Penulis: Agus/Manah-Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 552 kali


Camat Cikarang Selatan Agus Dahlan bersama Tim Monitoring Kecamatan meninjau pembangunan turap di Desa Cibatu. (FOTO: AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Camat Cikarang Selatan (Ciksel) bersama Tim Monitoring Kecamatan melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) hasil pembangunan yang menggunakan Dana Alokasi Desa di tujuh desa.

"Monev ini merupakan pembinaan terhadap pemerintahan desa dalam melakukan kegiatan pembangunan fisik," kata Camat Ciksel Agus Dahlan kepada awak media saat meninjau langsung lokasi pembangunan pisik di Desa Cibatu yang didampingi Kepala Desa Cibatu dan staf, BPD, Pendamping Kecamatan dan Desa, Senin (7/3/2022).

Lebih Jauh Agus menegaskan, monev tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dalam menggunakan anggaran, bahkan menjadi tertib administrasinya. Sebab pembangunan yang dilakukan oleh pemdes telah direncanakan, baik melalui Musdus, Musdes sampai ke Musrenbangdes.

"Jadi saya dan Tim Monev ini sifatnya hanya menegur dan membina saja, tidak sampai mendetail karena kalau tupoksi pengawasan dan pemeriksaan merupakan ranahnya Inspektorat," tandasnya.

Camat Cikarang Selatan Agus Dahlan bersama Tim Monitoring Kecamatan yang didampingi Kepala Desa Cibatu, BPD, Staf desa, Pendamping Kecamatan dan desa, saat meninjau pembangunan turap di Desa Cibatu, Senin (7/3/2022). (FOTO: AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

Pihak Pemerintah Kecamatan Ciksel hanya monitoring dan evaluasi saja, sejauh mana mereka (Pemdes) melaksanakan kegiatan pembangunanannya dan kendala apa yang mereka temui di lapangan. Kemudian di evaluasi dan diberikan masukan apabila ada kendala yang ditemui oleh pemerintah desa. Jadi pihak kecamatan, lebih kepada pembinaannya.

Tercatat pada Maret 2022 ini ada tujuh desa di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan, yang di Monev terkait kegiatan pembangunan di desa yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) anggaran dari pemerintah pusat, Bantuan Provinsi (Banprov) dan Anggaran Dana Desa (ADD) dari pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Kegiatan Monev ini telah dijadwalkan oleh Kasi Pemerintahan untuk tujuh desa. Yakni dari Desa Pasirsari, Desa Cibatu, Desa Sukaresmi, Desa Sukadami, Desa Serang, Desa Ciantra dan Desa Sukasejati, semoga Monev ini bisa bermanfaat bagi pemdes dan sejahtera untuk masyarakatnya," tutupnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait