Loading

Dapat Alokasi Anggaran APBN Rp120 Milyar, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar Dadan Hidayat Tidak Transparan


Penulis: Ithink/Dadan
1 Tahun lalu, Dibaca : 504 kali


Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat. (Foto: Medikom)

BANDUNG, Medikomonline.com - Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah mengamanatkan, Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah berperan penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik, dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

Oleh karena itu, Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah harus menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi dan penyedia dengan menerapkan prinsip-prinsip efisien; efektif; transparan; terbuka; bersaing; adil dan akuntabel.

Berkaitan dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di atas, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat pada tahun 2021 lalu melaksanakan Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri, dan Program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Berkualitas. Anggaran Program ini bersumber dari dana APBN Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2021 dengan nilai Rp. 120.361.505.000,-.

Sesuai dengan semangat pembangunan yang partisipatif, transparan dan akuntabel, Medikom pada tanggal 10 Januari 2022 lalu memohon penjelasan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Dadan Hidayat tentang realisasi pelaksanaan Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri, dan Program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Berkualitas Tahun 2021  tersebut.

Tetapi hingga saat ini Jumat, 21 Oktober 2022, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Dadan Hidayat tidak memberikan penjelasan tentang realisasi pelaksanaan Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri, dan Program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Berkualitas tersebut. Hal ini mencerminkan sikap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Dadan Hidayat yang tidak transparan. 

Tag : No Tag

Berita Terkait