Loading

Pemda Sumedang Distribusikan Ribuan KTP Elektronik Langsung ke Rumah Warga


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1001 kali


Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati H Erwan Setiawan, Sekda Herman Suryatman memonitor pendistribusian KTP-el di Kantor Pos Sumedang.

SUMEDANG,Medikomonline Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan KTP Elektronik di Kabupaten Sumedang. Sebanyak 5.095 keping KTP Elektronik di Kabupaten Sumedang yang telah dicetak siap didistribusikan ke masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumedang Ahmad Kusnadi mengatakan, Program Smpay Arum atau Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan antar ke Rumah ini merupakan komitmen Pemda Kabupaten Sumedang dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan (KK, KTP-el, dan Akta Catatan Sipil lainnya) yang terbaik bagi masyarakat Sumedang berupa percepatan pencetakan dan pendistribusian KTP-el.

Melalui program tersebut, lanjut Ahmad, masyarakat Kabupaten Sumedang tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk sekedar mengambil hasil layanan administrasi kependudukan. “Warga tinggal menunggu di rumah. Ini benar-benar gratis tanpa dibebani biaya untuk pengiriman,” kata Ahmad Kusnadi dalam keterangan persnya.

Hal tersebut dibenarkan pula oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir  saat memonitor pendistribusian KTP-el di Kantor Pos Sumedang, Kamis (6/2/20). Bupati didampingi oleh Wakil Bupati H Erwan Setiawan, Sekda Herman Suryatman, dan jajaran Komisi I DPRD.

“Hari ini baru 5.095 keping KTP Elektronik yang diantar lewat Pos. Jadi masyarakat tidak usah datang. Tidak usah mengeluarkan biaya transportasi. Ini bagian terpenting layanan pemerintah dalam mempermudah urusan masyarakat,” kata Bupati Dony Ahmad Munir.

Dikatakan Dony, Sumedang telah ditetapkan menjadi satu-satunya daerah di luar Jabodetabekjur dan Bandung raya sebagai pilot project pelaksanaan program percepatan pencetakan KTP-el secara nasional. “Sebagai pilot project Percepatan pencetakan KTP-el Nasional, Sumedang dipercaya mendapatkan jatah sebanyak 42 ribu KTP elektronik dari pemerintah pusat yang secara bertahap harus tuntas didistribusikan pada akhir Februari tahun 2020,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, dari jatah yang diberikan, sebanyak 5.095 diprioritaskan bagi pemohon yang telah diberikan surat keterangan (Suket) dari status perekaman yang sudah valid terhitung sejak tanggal 26 Juni 2019 sampai dengan 31 Januari 2020. “Secara bertahap Sumedang mendapatkan kepercayaan untuk percepatan realisasi KTP elektronik sebanyak 42 ribu. Bagi pemohon yang memiliki Suket terhitung 26 juni 2019 sampai 31 januari 2020 secara bertahap akan dikirimkan KTP-el pengganti Suket. Mulai hari ini sampai akhir Februari di angka 42 ribu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Menurutnya, upaya tersebut sesuai dengan apresiasi masyarakat diterima DPRD, khususnya Komisi I, terkait permasalahan administrasi kependudukan di Kabupaten Sumedang.

“Hari ini kita saksikan semuanya terpenuhi. Pemerintah cepat melakukan langkah-langkah. Saya pikir ini sesuai dengan aspirasi masyarakat. Pertahankan terus sehingga masyarakat sangat dimudahkan dengan langkah seperti ini,” ungkapnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait