Loading

Pemkab Sumedang Kembangkan Super Meta untuk Dukung Pelayanan Publik


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
1 Bulan lalu, Dibaca : 103 kali


Sekda Sumedang Herman Suryatman mengatakan, pengembangan Super Meta bertujuan untuk menghadirkan realitas virtual yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana mengembangkan Sumedang Public Service Meta Verse (Super Meta) demi mendorong peningkatan pelayanan publik melalui adopsi teknologi digital.

Dalam pelaksanaannya, Pemkab Sumedang bekerja sama dengan Kemenpan RB  sehingga menjadi rujukan Menpan dalam merumuskan digital public service di tingkat nasional.

Sekda Herman Suryatman mengatakan, pengembangan Super Meta bertujuan untuk menghadirkan realitas virtual yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. "MPP versi Meta Versenya bukan lagi digital, tapi sudah one step a head. Ada virtual reality, ada artificial intelegent. Dikombinasikan dalam teknologi terkini yaitu Meta Verse," ungkapnya.

Sekda menyebutkan, Supermeta tersebut masih dalam tahap pengembangan dan rencanany dalam waktu dekat yakni bulan Mei mendatang akan diluncurkan. "Untuk penerapannya mudah mudahan bisa beres di Bulan April dan Mei akan diujicobakan. Ini masih di development," imbuhnya.

Kaitan rencana tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Mal Pelayanan Publik Enang Lukmanul Hakim mengatakan, layanan Super Meta tersebut sebagai bentuk inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses gambaran layanan di MPP Sumedang.

Pengembangan layanan tersebut saat ini baru dalam tahapan pengambilan gambar di beberapa titik MPP agar masyarakat bisa melihat kondisi riil yang ada di MPP. "Rencananya semua layanan ini akan dibuatkan versi Super Meta dan akan dimulai dari MPP Sumedang. Sebagai uji coba, diperkirakan progressnya  akhir bulan ini akan kelihatan seperti apa gambaran Sumedang Public Service Meta Verse," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait